Menu

Mode Gelap

citarum · 8 Sep 2021 10:22 WIB ·

Luhut Minta Command Center Satgas Citarum Terus Update – Kabarin.co.id


 Luhut Minta Command Center Satgas Citarum Terus Update – Kabarin.co.id Perbesar

Jakarta, kabarin.co.id – Tim Ahli Satgas Citarum Andy Garna mempresentasikan Command Center pada Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Satgas Citarum Harum membangun Command Center pada 2020 berkolaborasi dengan berbagai stakeholders dalam pola pantehaliks.

“Command Center terwujud dari prakarsa yang berkepentingan seperti Dinas Lingkungan Hidup, Sumber Daya Air,dan stakeholders yang menyumbangkan alat-alat seperti dari BBWS dan pihak swasta yang menyumbang sistem secara cuma-cuma,” ujar Andy di kantor Satgas Citarum Bandung, Selasa (7/9).

Dalam Command Center ada dua sisi informasi. Pertama informasi ke dalam sifatnya internal. Kedua, informasi luar dan seputar pemberitaan media tentang Citarum yang terlapor ke rekan-rekan pokja dan sektor.

“Ada intelligent analitik soal sentimen publik ke Citarum, bulan ini sentimen positifnya lebih tinggi dengan jumlah 55% persen, yang negatif biasanya soal musim banjir,” sebut Andy.

Untuk penggunaan internal, Command Center memiliki sistem pemetaan terintegrasi di mana pada peta ini ada 34 layer yang datang dari stakeholders. “Ada peta yang terdegradasi lahan kritis, dan industri pencemar bisa dipetakan,” jelas Andy.

“Kami memiliki sebuah dashboard berisikan tingkat ketinggian air di delapan titik ini bisa kami dapatkan dari BBWS. Jadi alhamdulilah kami memiliki early warning sederhana,” kata Andy.

Selain itu ada informasi curah hujan, peta wilayah genangan, dan desa yang terdampak. “Kami juga ada peta pengelolaan sampah tingkat RW yang sedang diinisiasi mulai dari Kota Bandung,” sebutnya.

Command Center juga memiliki sistem pengawasan air sungai dengan 15 stasiun di antaranya milik KLHK secara realtime. “Terakhir kami ada sistem monev dan sangat terkait dengan rencana aksi yang diintegrasikan dengan Kantor Staf Presiden,” sebut Andy.

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menilai Command Center dapat memudahkan kerja satgas dan koordinasi dengan KSP. “Di Command Center saya lihat data-data sudah bagus. Saya titip data itu dipelihara software-nya bisa di-update sehingga bisa berkontribusi pada perkembangan Citarum,” ujarnya.

“Saya senang ada Command Center, kita pantau terus dari waktu ke waktu,” kata Luhut yang ditemani Ketua Harian Satgas Citarum Harum Mayjen (purn) Dedi Kusnadi Tamim.

“(hasil ini)Perlu dipertahankan, tanpa kerjasama semua tidak bisa jalan,”ujar Luhut.

[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)

Sumber kabarin.co.id

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

NCT Dream, ATEEZ dan sederet idola K-pop akan ramaikan MU:CON 2021

24 September 2021 - 23:03 WIB

NCT Dream, ATEEZ dan sederet idola K-pop akan ramaikan MU:CON 2021

Kemarin, Tukul tak derita KIPI vaksin hingga BTS sabet double platinum

24 September 2021 - 22:59 WIB

Perjumpaan hangat BTS dan Coldplay jelang rilis "My Universe"

Merek Mobil Asli Vietnam Semakin Gedor Eropa

24 September 2021 - 22:33 WIB

Merek Mobil Asli Vietnam Semakin Gedor Eropa

Aktor Kim Jung-hyun gabung di agensi Seo In-guk

24 September 2021 - 22:31 WIB

Aktor Kim Jung-hyun gabung di agensi Seo In-guk

Hari Paru Sedunia

24 September 2021 - 22:11 WIB

Hari Paru Sedunia

Mengakrabkan Masyarakat Indonesia dan Tiongkok

24 September 2021 - 21:59 WIB

Mengakrabkan Masyarakat Indonesia dan Tiongkok
Trending di News