oleh

Manfaat Air AC Untuk Tanaman Hidroponik

Kabarin.co.id – Apa saja Manfaat Air AC Untuk Tanaman Hidroponik? Jika merangkum informasi dari berbagai sumber, kegunaan air AC ini terbilang sangat baik untuk tanaman hidroponik.

Seperti yang kita ketahui, saat ini kebanyakan rumah ataupun ruko memasang Air Conditioner (AC) untuk menjaga suhu dalam ruangan tetap dingin.

Dengan pemakaian yang secara terus-menerus, AC sendiri mengeluarkan air yang menjadi limbah jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

Pada kenyataannya, air dari AC tersebut bisa dipergunakan untuk keperluan tanaman hidroponik. Sehingga pertumbuhannya lebih maksimal.

Manfaat Air AC Untuk Tanaman Hidroponik

Salah satu percobaan dilakukan oleh salah satu guru di SDN Jambangan I, yang melakukannya dalam kegiatan hidrponik sekolah. Guru tersebut memanfaatkan air AC untuk media pengairan pada tanaman hidroponik.

Selain berguna sebagai media pengairan, ternyata air AC juga mempunyai beberapa manfaat yang menguntungkan bagi tanaman hidroponik. Beberapa diantaranya mencakup :

1. Menurunkan PH Air

Secara umum, air biasa mempunyai ph yang sangat tinggi. Dan kondisi tersebut bisa dinetralkan dengan menggunakan air AC. Setidaknya bisa menurunkan ph dari tingkat sebelumnya.

Tentu poin ini akan menambah kualitas dari air itu sendiri. Dengan kata lain, tanaman hidroponik bisa tumbuh dengan baik dan maksimal.

2. Memberikan Nutrisi Tambahan

Selain bisa menurunkan ph, ternyata air AC juga bisa memberikan tambahan nutrisi bagi tanaman hidroponik. Intinya, air AC bisa menjadi pengganti atau setidaknya pendamping pupuk yang bisa mengoptimalkan tanaman hidroponik.

3. Menjadikan Tanaman Lebih Hijau

Karena air yang keluar dari AC dalam kondisi segar, hal tersebut menjadikan tanaman hidroponik menjadi lebih segar. Dari isi daun, akan tampak lebih hijau dan sedikit tebal.

Kondisi tersebut bisa diartikan jika air AC sangat baik dalam menutrisi tanaman hidroponik. Sehingga proses fotosintesis berjalan lebih stabil.

4. Memanfaatkan Limbah

Karena keluar dari saluran pembuangan, tentu bisa disebut jika air AC sebagai limbah yang seharusnya dibuang. Namun nyatanya, air tersebut masih bisa dimanfaatkan.

Dengan memanfaatkan air AC, maka secara tidak langsung sudah berpartisipasi dalam memanfaatkan limbah secara maksimal. Khususnya bertujuan untuk melestarikan lingkungan.

Setelah melihat beberapa manfaat yang sudah kami sebutkan diatas, tentu di belakang hari anda tidak harus membuang limbah air yang keluar dari AC.

Sebelumnya, mungkin anda tidak menyangka jika air AC bisa dimanfaatkan. Jadi mulai hari ini, pergunakan air tersebut untuk turut serta dalam melestarikan lingkungan.

Selain untuk menjaga, tentu lingkungan yang bersih akan membuat kita lebih sehat. Serta bisa terhindar dari segala ancaman jenis penyakit.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum tentang Manfaat Air AC Untuk Tanaman Hidroponik. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang memang benar-benar dibutuhkan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News