oleh

Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia

Kabarin.co.id – Membahas tentang Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia, tentu sudah tidak asing untuk sebagian orang. Dalam hal ini, matahari pun mempunyai beragam manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut yang dikutip dari Wikipedia, Matahari atau Surya erupakan bintang yang berada di pusat tata surya. Mempunyai bentuk nyaris bulat serta terdiri dari plasma panaas yang bercampur dengan medan magnet.

Diperkirakan, matahari mempunyai diameter sekitar 1.392/684 km, dan 109 kali lebih besar dibanding dengan diameter bumi.

Pertanyaannya, apa saja manfaat energi matahari bagi kelangsungan makhluk hidup dibumi? Baik itu manusia, hewan, alam ataupun tumbuhan? Untuk lebih jelasnya, bisa disimak pada daftar dibawah ini!

Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia

Seperti yang kami rangkum dari beberapa sumber, setidaknya matahari mempunyai manfaat yang cukup banyak bagi kehidupan manusia. Matahari mempunyai peranan sebagai sumber energi terbesar di alam semesta. Sehingga tidak mustahil jika pemanfaatannya pun terbilang banyak.

Dibawah ini kami sudah membagi manfaat energi matahari sesuai dengan kategori kehidupan kita sehari-hari. Baik itu manfaat untuk manusia, hewan, tumbuhan, dan juga bumi.

Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia

Seperti yang kita tahu, manusia merupakan makhluk paling sempurna yang ada didunia. Hal tersebut tidak lepas dari tingkat intelektual yang ada pada setiap individu. Beberapa manfaat energi matahari untuk manusia mencakup :

  • Berperan sebagai sumber energi terbesar di alam semesta.
  • Membantu manusia untuk menghangatkan, menjemur, ataupun mengeringkan pakaian.
  • Sebagai pembangkit listrik tenaga surya.
  • Membantu petani untuk mengeringkan hasil panen (gabah, jagung, dll).
  • Memberikan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh, diperoleh otomatis ketika kit terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Membantu petani garam dalam menguapkan air laut yang ada di ladang garamnya.

Manfaat Energi Matahari Untuk Hewan

Hampir sama dengan manusia, hewan pun merupakan makhluk hidup yang dalam kesehariannya membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Beberapa manfaat dari energi matahari bagi hewan mencakup :

  • Untuk menghangatkan tubuh hewan itu sendiri.
  • Membantu dalam penyerapan kalsium.
  • Mendukung pertumbuhan tubuh secara maksimal.

Manfaat Energi Matahari Bagi Tumbuhan

Apa saja manfaat energi matahri bagi tumbuhan? Tentu dalam prosesnya, tumbuhan pun membutuhkan sinar matahari untuk bertahan hidup dan berfotosintesis. Untuk lebih lengkapnya bisa disimak pada dafar berikut :

  1. Membantu proses pengolahan makanan pada tumbuhan (fotosintesis)
  2. Mengaktifkan klorofil daun untuk memproduksi Oksigen.
  3. Menjaga temperatur tumbuhan itu sendiri.

Bagaimana dengan manfaat energi matahari bagi alam? Untuk jawaban yang paling sederhana ialah memberi pencahayaan pada bumi. Namun dari sisi lain, juga untuk menghangatkan, dan memberikan manfaat lebih untuk keberlangsungan tata surya.

Bagaimana? Apa sudah paham? Atau penjelasan kami kurang lengkap? Kami rasa ulasan diatas sudah cukup untuk memberikan jawaban untuk setiap pertanyaan anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News