Manfaat minum air hangat untuk kesehatan: menurunkan berat badan sampai stres

  • Bagikan
Manfaat minum air hangat untuk kesehatan: menurunkan berat badan sampai stres

KABARIN.CO.ID – JAKARTA. Minum air bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ini manfaat minum air hangat setiap hari untuk kesehatan tubuh.  

Beberapa di antaranya memperlancar pencernaan, meredakan hidung tersumbat, hingga sebagai bagian dari relaksasi. 

Baca Juga: 5 Sayuran yang baik dikonsumsi penderita kolesterol

Penelitian merekomendasikan air hangat tersebut memiliki suhu berkisar 54-71 derajat Celcius. 

Sementara suhu di atas itu dianggap terlalu panas dan dapat merusak jaringan di kerongkongan, membakar indra perasa, serta menyebabkan lidah melepuh. 

Namun, secara umum, minum air hangat tidak memiliki efek berbahaya dan aman digunakan sebagai obat. Beberapa manfaat rutin minum air hangat tersebut, antara lain: 

1. Meredakan hidung tersumbat 

Dilansir Healthline, secangkir air hangat dapat menghasilkan uap. Mengonsumsinya sambil menghirup uap lembut tersebut dalam-dalam dapat membantu melonggarkan hidung tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala sinus. 

Karena Anda memiliki selaput lendir di seluruh leher dan tubuh bagian atas, minum air hangat dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir. 

Menurut sebuah penelitian tahun 2008, minum minuman hangat, seperti teh, dapat memberikan kelegaan yang cepat dan tahan lama dari hidung meler, batuk, sakit tenggorokan, hingga kelelahan. 

Minuman hangat dianggap lebih efektif dibandingkan jenis minuman yang sama dengan suhu kamar. 

2. Memperlancar pencernaan 

Minum air dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap bergerak. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh membuang kotoran dengan lebih lancar. 
Beberapa orang meyakini minum air hangat sangat efektif untuk mengaktifkan sistem pencernaan. 

Teorinya adalah bahwa air hangat juga dapat melarutkan dan menghilangkan makanan yang Anda makan, yang mungkin sulit dicerna tubuh. 

Meski penelitian belum membuktikan manfaat ini, namun jika kamu merasa minum air hangat dapat membantu memperlancar pencernaan, tidak ada salahnya untuk mencoba. 

3. Membantu mengatasi sembelit 

Dehidrasi sering kali menyebabkan sembelit. Dalam banyak kasus, minum air putih merupakan cara yang efektif untuk mengatasi dan mencegah sembelit.  Minum air hangat dapat membantu kontraksi usus. Ketika hal itu terjadi, sisa makanan di usus akan bisa keluar dari tubuh. 

Sehingga, minum air hangat secara teratur dapat membantu pergerakan usus tetap teratur. 

4. Membantu menurunkan berat badan 

Minum air putih dapat membuat kita merasa lebih kenyang, mengurangi jumlah makanan yang Anda makan dan membantu menurunkan berat badan. 

Beberapa orang meyakini bahwa minum air hangat dapat mengaktifkan sistem kontrol suhu tubuh. 

Ketika tubuh mengimbangi suhu hangat air, suhu internal akan turun dan mengaktifkan metabolisme tubuh. 

Sebuah penelitian kecil tahun 2003 melaporkan bahwa beralih dari air dingin ke air hangat dapat membantu kita menurunkan berat badan melalui efek termal ini. 

Namun, tetap terhidrasi juga sebetulnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan air. 

Ginjal akan merespon hidrasi yang cukup dengan membiarkan lebih banyak air dikeluarkan sebagai urin. Semakin terang warna urine kita, artinya semakin baik hidrasi tubuh. 

5. Memperlancar sirkulasi darah 

Aliran darah yang sehat memengaruhi segalanya, mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular. 

Mandi air hangat membantu organ peredaran darah, yakni arteri dan vena, berkembang dan membawa darah dengan lebih efektif ke seluruh tubuh. 

Minum air hangat mungkin memiliki efek serupa. Namun, hanya ada sedikit penelitian yang menyatakan bahwa ini efektif. 

Sebagai bonus, sensasi kehangatan dari minum air hangat atau mandi di malam hari dapat membantu membuat tubuh lebih rileks dan membuat kita lebih siap untuk tidur nyenyak. 

6. Menurunkan tingkat stres 

Karena minum air hangat dapat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, rasa cemas juga mungkin berkurang jika meminumnya. 

Menurut sebuah penelitian tahun 2014, minum lebih sedikit air mengakibatkan berkurangnya perasaan tenang, kepuasan, dan emosi positif. 

Oleh karena itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat meningkatkan suasana hati dan tingkat relaksasi. 

7. Membantu membuang racun tubuh 

Minum air hangat dapat meningkatkan suhu internal tubuh. Saat minum air hangat atau saat mandi air hangat, sistem endokrin tubuh akan aktif dan kita mulai berkeringat. 

Meskipun berkeringat mungkin terasa tidak nyaman, itu adalah proses penting untuk membuang racun dan iritan yang terpapar dari lingkungan. 

Menurut Arthritis Foundation, minum air penting untuk mengeluarkan racun dari tubuh, membantu melawan peradangan, menjaga sendi tetap terlumasi dengan baik, serta mencegah asam urat. 

8. Membantu meredakan gejala akalasia 

Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan memindahkan makanan ke dalam perut. 

Orang dengan akalasia dan dengan esofagitis eosinofilik mengalami kesulitan menelan. 

Mereka mungkin merasa seolah-olah makanan tersangkut di kerongkongan, alih-alih berpindah ke perut. 

Kondisi ini disebut disfagia. Peneliti tidak yakin apa alasannya, tapi minum air hangat dapat membantu penderita akalasia mencerna dengan lebih nyaman.(Nabilla Tashandra) 

Baca Juga: 3 Bahan alami yang efektif mengobati batu ginjal

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “8 Manfaat Tak Terduga dari Rutin Minum Air Hangat”

Sumber Antara News

  • Bagikan