oleh

Manfaat Temu Ireng Untuk Ayam Jago

-Hobi-2.634 views

Kabarin.co.id – Secara tradisional, Manfaat Temu Ireng Untuk Ayam Jago mempunyai peranan penting. Salah staunya ialah untuk menjaga selera makan, menyembuhkan penyakit kurap, dan lain-lainnya.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia sangat kaya dengan tanaman herbal yang memppunyai fungsi sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya bagi hewan, namun juga bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Empon-empon yang tidak hanya temu ireng (temu hitam), memang sudah digunakan secara turun-temurun untuk ramuan herbal. Sehingga tidak heran jika ramuan tersebut masih dikenal hingga sekarang.

Sedangkan untuk tubuh manusia, temu ireng mempunyai peranan dalam menurunkan batuk, menyembuhkan sakit perut, kembung, obat bersih darah, serta mampu meningkatkan selera makan.

Secara umum, kalangan orang tua memberikan ramuan yang terbuat dari temu ireng pada anaknya yang nafsu makannya sedang menurun.

Khasiatnya langsung terasa sehingga sang anak pun langsung lahap makan. Dan untuk berbagai jenis penyakit yang sudah kami sebutkan diatas, bisa segera ditangani dengan mengkonsumsi air rebusan temu ireng.

Manfaat Temu Ireng Untuk Ayam Jago

Pertanyaannya ialah : Apa saja khasiat temu ireng untuk ayam atau jenis unggas lainnya? Terkhusus bagi orang yang hobi memelihara ayam, mungkin artikel ini akan sangat membantu.

Menurut informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, ada begitu banyak manfaat temu hitam untuk ayam aduan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak daftar berikut :

1. Meningkatkan Nafsu Makan Ayam

Temu ireng mempunyai kandungan kurkumin yang dipercaya oleh masyarakat untuk membantu dalam menambah selera makan.

Jadi tidak hanya bermanfaat bagi manusia saja, namun untuk jenis unggas seperti ayam, fungsinya pun tetap sama.

2. Menyembuhkan Penyakit Kurap Ayam Aduan

Teruntuk bagi anda yang tengah berupaya untuk mengobati penyakit kulit pada ayam. Seperti halnya kurap, borok, kudis, ataupun gangguan kulit lainnya pada ayam.

Maka ada baiknya jika mencoba ramuan dari temu ireng ini. Sehingga penyakit kulit yang diderita bisa berangsur sembuh dan hilang dengan sendirinya.

3. Menetralkan Racun Pada Tubuh Ayam

Untuk manfaat yang lain, temu ireng juga berfungsi untuk menetralisir adanya zat-zat racun berbahaya yang ada pada tubuh ayam.

Sehingga dengan ayam terbebas dari racun, maka tentunya berdampak baik bagi tumbuh kembang ataupun kesehatan ayam tersebut.

Bagaimana cara mengolah (membuat) ramuan temu ireng untuk ayam? Jawabannya sangatlah sederhana. Jika memang penasara, mari ikuti langkah-langkah berikut :

  • Siapkan beberapa potong rimpang temu hitam, dan cuci hingga bersih.
  • Parut rimpang tersebut, dan ditambah dengan sedikit aitr.
  • Peras temu hitam hingga keluar sari yang berbentuk cair.
  • Minumkan pada ayam yang sakit, atau bisa pula dicampur dengan pakan ayam.

Bagaimana? Sangat sederhana bukan? Cukup mudah untuk bisa dipraktekkan sendiri di rumah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News