oleh

Mempunyai Gejala Sama, Corona Beda Dengan Virus Influenza

Kabarin.co.id – Gejala infeksi virus corona jenis baru atau 2019 novel Coronavirus (2019-nCoV) akan menjadikan seseorang merasa demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, bahkan mengalami infeksi saluran nafas bawah yang berat, yaitu pneumonia.

Meski ciri dari gejala virus tersebut mirip dengan influenza, akan tetapi keduanya merupakan jenis virus yang berbeda.

Dr R Fera Ibrahim selaku spesialis mikrobiologi RS universitas Indonesia, menjelaskan bahwa virus influenza dan coronavirus merupakan dua jenis virus yang berbeda.

Apabila dibandingkan, tingkat keparahan penyakit bisa diukur dengan rasio fatalitas kasus atau kematiaan dalam kasus tersebut.

Menurut dari data Organisasi Kesehatan Dunia 9WHO), secara global epidemi influenza tahunan diperkirakan tiga hingga lima juga kasus penyakit berat, dan sekitar 290 hingga 650 ribu kematian dampak dari penyakit pernafasan.

Sedangkan untuk virus 2019-nCoV, berdasar dari beberapa angka sejauh ini, sekitar daerah epidemi setidaknya 2,2 persen dari kasus yang sudah dikonfirmasi meninggal.

“Ini menunjukkan perbedaan antara influenza dan coronavirus. Pada beberapa kasus juga ditemukan bahwa pasien yang terinfeksi virus corona tidak menunjukan gejala seperti demam,” tegas Fera dalam diskusi tentang Virus Corona di RSUI, Depok, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Sedangkan hingga saat ini, para ahli masih belum menemukan vaksin serta pengobatan spesifik untuk virus Corona. Akan tetapi, gejala yang ditimbulkan bisa diredakan sesuai kondisi klinis pasien, yakni perawatan suportif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News