Naik Lagi, Covid-19 Tambah 7.201 Kasus Hari Ini – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id– Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) per level di wilayah Jawa-Bali hingga 13 September 2021. Pemerintah juga memperpanjang PPKM di luar Jawa Bali. Namun, perpanjangan di wilayah ini diterapkan selama dua minggu hingga 20 September 2021.

Perpanjangan PPKM ini disertai berbagai kelonggaran, seiring dengan kasus Covid-19 yang semakin terkendali. Kementerian Kesehatan mencatat pada Selasa (7/9/2021), kasus Covid-19 bertambah 7.201 orang hari ini. Dengan begitu total kasus yang tercatat sepanjang pandemi sebanyak 4.140.634 orang.

Kabar baiknya, pasien sembuh semakin bertambah setiap harinya. Hari ini pasien sembuh bertambah 14.159 orang, sehingga totalnya 3.864.848 orang. Penambahan pasien sembuh yang jauh lebih banyak dibandingkan kasus baru setiap harinya membuat kasus aktif atau pasien yang membutuhkan perawatan pun semakin berkurang.

Saat ini jumlah kasus aktif mencapai 138.630 orang, turun dibandingkan hari sebelumnya 146.271 orang. Sayangnya, kasus kematian juga masih terus bertambah. Hari ini kasus kematian bertambah 683 orang, sehingga totalnya 137.156 orang.

Pemerintah juga bersiap menghadapi gelombang ketiga seiring adanya peringatan varian baru Covid-10 yakni B1621 atau varian Mu. Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso mengatakan Bappenas diberi mandat dan ditugasi oleh negara untuk menyusun dan harus mempertimbangkan hal ini.

“Karena bagaimanapun juga faktor-faktor strategi internasional dan faktor lingkungan harus menghitungkan langkah-langkah tersebut,” jelas Suharso saat ditemui di kantornya pekan lalu, dikutip Selasa (7/9/2021).

Meskipun tidak berharap terjadi penularan gelombang ketiga, namun setidaknya, kata Suharso pemerintah harus bersiap dan semaksimal mungkin untuk memitigasinya.

“Gelombang ketiga, kita harapkan tidak terjadi. Sekarang yang menjadi concern (pemerintah) sudah ada untuk mengantisipasi varian Mu,” jelas Suharso.

Salah satu upaya yang akan dilakukan Indonesia, di antaranya yakni perluasan vaksinasi Covid-19 dilakukan dengan cepat. Untuk mencapai herd immunity maka vaksin yang sudah ada terus digunakan karena efektif mengurangi severity/hopitalisasi.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *