oleh

Ngeri! Perang Geng di Penjara Ekuador, 116 Tewas – Kabarin.co.id

Jakarta, kabarin.co.id – Kerusuhan pecah di penjara Penitenciaria del Litoral, Ekuador, Selasa (30/9/2021) malam. Dalam kerusuhan itu, 116 orang dinyatakan tewas.

Mengutip Reuters, kerusuhan yang terjadi di lapas provinsi Guayas itu disebabkan oleh pertempuran sengit antar geng napi untuk menguasai penjara. Sebelum kerusuhan besar ini, beberapa konflik-konflik antar kedua kubu sudah terjadi bulan terakhir.

“Sangat disayangkan bahwa kelompok kriminal berusaha mengubah penjara menjadi medan pertempuran untuk perselisihan kekuasaan,” kata Presiden Ekuador, Guillermo Lasso, dikutip Kamis (30/9/2021).

“Saya meminta Tuhan untuk memberkati Ekuador dan agar kita dapat menghindari lebih banyak korban jiwa.”

Presiden Lasson menambahkan bahwa pihaknya akan menerjunkan militer untuk menjaga keamanan di sekitar lapas. Ia menambahkan juga negara akan membantu keluarga narapidana yang tewas dan terluka.

Dari sudut pandang lainnya, puluhan orang tiba di penjara itu untuk mencari informasi tentang kerabatnya yang mendekam di dalam. Mereka juga menuntut pertanggungjawaban dari pejabat yang berwenang atas keselamatan narapidana.

Bentrokan itu sendiri merupakan tindakan kekerasan paling mematikan yang pernah dilaporkan dalam sistem penjara Ekuador. Bentrokan serupa terjadi pada Februari dan Juli 2021 di berbagai penjara di seluruh negeri.

Setidaknya 79 orang tewas dalam kekerasan Februari sementara di Juli setidaknya 22 nyawa hilang. Bentrokan ini paling sering terjadi antara geng Los Lobos dan Los Choneros

Sementara itu Ekuador sendiri telah menjadi sarang bagi kelompok kriminal yang melakukan pengiriman narkoba ke Amerika Serikat dan Eropa. Antara Januari dan Agustus tahun ini, pihak berwenang negara itu menyita sekitar 116 ton obat-obatan, terutama kokain.

[Gambas:Video CNBC]

(tps/tps)

Sumber kabarin.co.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *