oleh

Obat Kumur Bisa Membunuh Virus Corona? Ini Kata Ahli

Kabarin.co.id, Jakarta – Untuk menjaga diri dari serangan virus corona, berbagai cara dilakukan, termasuk juga dengan melindungi area mulut dengan obat kumur.

Tidak sedikit yang percaya bahwa obat kumur bisa membantu membunuh kuman serta virus yang ada pada sekitar mulut. Apa memang benar?

Dikutip dari Live Science (21/10/20), para peneliti melakukan eksperimen di laboratorium menggunakan sel manusia yang dikultur dalam larutan.

Pengujian tidak dilakukan langsung pada manusia, selain itu para ilmuwan juga menggunakan bentuk virus corona yang disebut HCoV?229e – bukan SARS-CoV – 2. Yang merupakan virus corona spesifik penyebab Covid-19.

Hasil pengujian mengungkap, beberapa produk obat kumur efektif dalam menonaktifkan virus, meski tingkat efektivitas bervariasi di antara setiap produk.

“Dengan waktu kontak 1 hingga 2 menit, larutan sampo bayi 1 persen mampu menonaktifkan lebih dari 99 persen hingga 99,9 persen virus atau lebih,” tulis para peneliti dalam makalah mereka.

Dalam temuan yang dilaporkan Journal of Medical Virology, mendukung penelitian sebelumnya dari Jerman. Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa paparan obat kumur bisa secara signifikan mengurangi lonjakan jumlah virus corona.

“Ada banyak hal yang tidak kami ketahui tentang bagaimana produk seperti obat kumur dapat berfungsi dalam skenario dunia nyata,” kata ahli mikrobiologi Craig Meyers, penulis pertama studi tersebut.

“Uji klinis diperlukan untuk menentukan apakah produk ini dapat mengurangi jumlah pasien positif virus corona atau melindungi mereka dengan pekerjaan berisiko tinggi yang dapat dengan mudah terinfeksi saat berbicara, batuk, atau bersin,” ujar Meyers.

“Bahkan jika penggunaan obat kumur dapat mengurangi transmisi hingga 50 persen, itu tentu akan berdampak besar.” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News