oleh

Ombudsman Minta Penjelasan Pemerintah Terkait Pembatasan Internet

Kabarin.co.id, Jakarta – Terkait pembatasan internet di Indonesia, Ombudsman Indonesia meminta pihak pemerintah memberikan penjelasan. Pasalnya, sebelum pada akhirnya menteri mengambil langkah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) seharusnya melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

“Pemerintah seharusnya berkoordinasi dengan berbagai pihak, seperti intelijen, polisi dan lain-lain sehingga bisa melakukan antisipasi. Sebab dampaknya bukan hanya bisnis,” ungkap Ketua Ombudsman Republik Indonesia, Amzulian Rifai, ketika menghadiri pengukuhan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso sebagai Guru Besar tidak tetap di Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Senin (26/8/2019).

Rifai menilai, pemerintah harus lebih terbuka sehingga publik tidak menduga-duga alasan dibalik pembatasan internet tersebut. “Masyarakat kita ini sudah sangat tergantung terhadap internet, kalau diatasi tentu akan memberikan kerugian yang cukup besar. Bisa dibayangkan, kalau teman-teman wartawan dibatasi dengan penggunaan whatsapp, semacam itu kerugian yang terjadi cukup besar,” paparnya.

Pada dasarnya Rifai sangat menyayangkan mengenai adanya pembatasan internet. Meski begitu, ia yakin bahwa pemerintah mempunyai pertimbangan, tidak hanya sekedar pada kepentingan ekonomi dan individu.

Rifai menyebut, pasti ada alasan kuat pemertintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukan pembatasan penggunaan tersebut.

“Pembatasan semacam itu seharusnya tidak dilakukan di seluruh daerah tapi hanya di lokasi tertentu. Oleh karena itu, Ombudsman mengawasi kebijakan pelayanan publik. Jadi butuh penjelasan dari pemerintah, alasannya apa, sejauh mana kebijakan itu diterapkan dan berapa lama,” tuturnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News