Pak Luhut & Pak Erick, Ada Pesan Penting Nih Dari Pak Jokowi – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk betul-betul serius dalam mengembangkan teknologi. Jokowi tak ingin, Indonesia semakin tertinggal dari negara lain dalam hal ini.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Jangan sekedar membeli mesin jadi, sekaligus bersama seluruh ahlinya, tapi kita harus membuat kerjasama produksi teknologi di Indonesia,” kata Jokowi, Senin (8/3/2021).

Jokowi mengatakan faktanya saat ini Indonesia lebih sering menerima sebuah teknologi yang sudah jadi. Hal tersebut, akhirnya membuat Indonesia selama berpuluh-puluh tahun tidak mampu memproduksi teknologi itu sendiri.

“Sering kita hanya terima kunci, terima jadi. Akhirnya berpuluh-puluh tahun kita tidak bisa membuat teknologi itu,” katanya.

Jokowi lantas menitipkan pesan kepada jajarannya seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

“Perintah ini bukan hanya untuk BPPT, tetapi kepada seluruh jajaran kabinet terutama para menko-menko, Menko Maritim dan Investasi dan kepada Menko Perekonomian, pada Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, Menteri BUMN dan juga Kepala BKPM,”

“Dengan kekuatan pasar raksasa yang kita miliki, kekuatan pasar besar yang kita miliki dan juga dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah kita mempunyai leverage yang kuat, pikirkan betul cara-cara cerdas untuk melakukan akuisisi teknologi ini secara murah,”

[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan