oleh

Pakar Menyebut Uji Coba Senjata Kreatif Korut Bisa Ancam AS

Kabarin.co.id, Seoul – Mengamati beberapa slide foto yang menggambarkan tes rudal Korea Utara (Korut) belakangan ini, pakar dari pertahanan militer Korea Selatan (Korsel) Choi Kang memberikan reaksi dengan nada takut sekaligus terkesan.

“Ini benar-benar pemikiran imajinatif atau kreatif untuk menggunakan rudal,” ungkap Choi seperti dilansir dari CNN, Senin (9/9/2019).

Pada dasarnya, Trump dan Kim sudah bertemu pada dua kesempatan, namun hany sedikit kemajuan yang terjadi antara kedua belah pihak. Trump sudah mengecilkan adanya potensi bahwa dari serangkaian uji coba rudal Korut. Ia menyoroti bahwa faktanya Kim hanya setuju berhenti untuk uji coba rudal jarak jauh dan bom nuklir.

Akan tetapi, dari serangkain peluncuran rudal tersebut, melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB serta mengancam Korea Selatan dan Jepang. “Kim Jong-un telah, Anda tahu, cukup lurus dengan saya, saya pikir,” jelas Presiden Trump kepada wartawan, 23 Agustus lalu.

“Dan kami akan melihat apa yang sedang terjadi, melihat apa yang terjadi. Dia suka menguji coba rudal, tetapi kami tidak pernah membatasi rudal jarak pendek, kami akan lihat apa yang terjadi. Banyak negara menguji rudal itu.” imbuhnya.

Menyikapi hal tersebut, para ahli khawatir jika tes senjata tersebut menunjukkan Pyongyang lebih jauh dalam mengembangkan senjatanya, dibanding dengan apa yang diperkirakan. Para pakar juga memberi peringatan terkait dengan kemampuan teknologi baru tersebut. Pasalnya bisa diterapkan pada rudal jarak jauh yang bisa menjangkau daratan AS.

“Tampaknya bagi saya bahwa Korea Utara memiliki kemampuan rudal asli yang sangat, sangat kuat dan … (mampu) untuk mengerahkan semua rudal dalam waktu yang sangat singkat,” jelas Choi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News