oleh

Pakistan Klaim Tembak Jatuh Quadcopter India

Kabarin.co.id, Islamabad – Tentara Pakistan mengklaim bahwa pihaknya sudah menembak jatuh sebuah quadcopter India. Penembakan quapcopter lantaran “menyusup” ke wilayah udara Pakistan di sepanjang perbatasan Kashmir yang disengketakan.

Menurut militer Pakistan, quadcopter ditembak jatuh pasca melanggar batas 500 meter di dalam wilayah Pakistan di sepanjang Garis Kontrol (LoC). LoC merupakan perbatasan de facto yang membagi lembah Himalaya yang disengketakan antara kedua tetangga nuklir tersebut.

“Itu adalah quadcopter kedua yang ditembak jatuh Pakistan dalam tiga hari terakhir,” kata militer Pakistan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Anadolu Agency pada Senin (4/1/2021).

Islamabad mengklaim pasukan perbatasannya menembak jatuh 16 quadcopter India di sepanjang LoC tahun lalu di tengah meningkatnya ketegangan antar kedua negara, yang terkunci oleh banyak perselisihan, khususnya Kashmir.

Diketahui, Jammu dan Kashmir yang mayoritas Muslim, terpecah menjadi dua, setengah dikuasai oleh India dan bagian lainnya oleh Pakistan, keduanya mengklaim secara penuh.

Sejak dipecah pada tahun 1947, kedua negara sudah berperang tiga kali, pada tahun 1948, 1967, dan 1971, dua diantaranya menyangkut Kashmir.

Beberapa kelompok Kashmir yang ada di Jammu dan Kashmir, pernah berperang melawan pemerintahan India untuk kemerdekaan, atau penyatuan dengan negara tetangga Pakistan.

Menurut beberapa organisasi HAM, ribuan orang sudah terbunuh dan disiksa dalam konflik yang berkobar pada tahun 1989 tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News