oleh

Pasca Pemadaman Listrik Massal, PLN Diminta Lakukan Pengecekan Secara Berkala

Kabarin.co.id, Jakarta – Oleh anggota Komisi VI DPR RI, Sartono Hutomo, PLN dihimbau untuk tetap konsisten melakukan pengecekan berkala pada berbagai fasilitas dan jaringannya. Dengan begitu, pemadaman listrik massal yang terjadi pada Minggu (4/8/2019) tidak akan terulang.

“Minimal PLN harus mengadakan cek rutin. Di masa sidang berikutnya, kami juga ingin tahu apa saja permasalahan PLN, mengapa bisa terjadi blackout. Dan kalau memang ada permasalahan yang perlu penguatan dan dukungan dari parlemen, kami dari DPR RI dan Komisi VI akan memberikan support supaya hal-hal seperti itu tidak terjadi lagi,” ungkap Sartono di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (21/8/2019).

Dengan adanya dukungan itu, Sartono berharap agar kedepannya tidak akan terjadi lagi masalah yang seperti sekarang ini. “Kita akan adakan evaluasi total. Karena PLN ini sangat strategis. Jadi kita harus memahami bagaimana peristiwa kemarin terjadi dan bagaimana agar berhenti semua persoalannya,” tegasnya.

Sedangkan dari pihak lain, Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan berharap agar terdapat peningkatan mutu pelayanan PLN. “Saya melihatnya, kejadian yang kemarin semoga bisa menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak untuk lebih memperbaiki lagi kekurangan yang ada selama ini,” ucap Mamit.

Bahkan ia juga memperkirakan kompensasi yang harus dibayar PLN akibat dari pemadaman aliran listrik tersebut mencapai hingga Rp 1 triliun. Ia menilai pehitungan angka tersebut telah disesuaikan dengan Kepmen ESDM No 27 tahun 2017.

“Saya kira, dengan denda yang sekarang pun, mau tidak mau PLN berpotensi kehilangan pendapatan hampir Rp1 triliun. Saya kira itu sudah cukup besar dan sangat memberatkan PLN,” paparnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News