oleh

Pemerintah RI Cari Cara Genjot Ekspor Ke Amerika Serikat

Kabarin.co.id, Jakarta – Saat ini pemerintah sedang mencari cara untuk bisa menggenjot ekspor. Salah satu upaya ialah mendorong ekspor ke Amerika Serikat (AS) untuk menggeser dominasi pasar ekspor China.

Sofjan Wanandi selaku ketua Tim Ahli Wakil Presiden menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menyisir produk apa saja yang bisa diekspor ke AS.

“Ini kan ada US Chambers, rapat sama kita, pengusaha-pengusaha untuk apa yang kita supply dan apa yang kita lakukan,” paparnya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Sofjan juga ikut serta dalam rapat bersama Luhut untuk membahas ekspor terpadu. Rapat tersebut dihadiri oleh pengusaha dan bankir. Akan tetapi, ia tidak ikut rapat hingga usai.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa AS merupakan pasar yang besar. Ia menilai upaya menggenjot ekspor ke AS untuk menggeser dominasi pasar China.

“Yang besar ini kan US kita menggantikan peranan China sebagian itu kan besar sekali yang diperlukan dan ini yang mau kita ganti,” imbuhnya.

“Mulai dari tekstil, garmen, yang bisa kita supply sepatu macam-macam yang sekarang ini bisa double kapasitas kita,” lanjutnya.

Terlepas dari itu, Sofjan juga menjelaskan bahwa dengan kondisi perang dagang saat ini, barang dagang Indonesia ke AS mampu bersaing kompetitif lantaran pemberlakukan bea masuk.

“Kita sudah kompetitif kalau dengan bea masuk yang begitu tinggi oleh China itu,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News