oleh

Penjelasan BPOM Terkait Viralnya Air Mineral Mengandung Besi

Kabarin.co.id, Jakarta – Sebuah video beredar menunjukkan seorang pria menguji air mineral dalam kemasan dari beberapa merek. Ia menggunakan alat khusus seperti set saklar dan lampu.

Ia menyebut, air mineral yang mengandung zat besi tinggi bisa menyalakan bohlam lampu. Bahkan pria dalam video juga menyebut bahayanya konsumsi obat dengan air mineral yang mengandung zat besi tinggi.

Pernyataan yang dilontarkan oleh pria dalam video tersebut meicu kontroversi. Pasalnya sejumlah netizen menuding beberapa produk yang diuji coba dalam video tersebut tidaklah aman.

Terkait dengan viralnya video tersebut, Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM), memberikan keterangan resmi, Kamis (2/7/2020).

BPOM menjelaskan, ada empat jenis produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), yakni Air Mineral, Air Demineral, Air Mineral Alami, dan Air Minum Embun. Kesemuanya mempunyai standar keamanan serta mutu yang spesifik serta tidak bisa dibandingkan satu sama lain.

“Kandungan mineral dalam air menyebabkan air mineral dapat memiliki kemampuan untuk menghantarkan listrik karena mineral adalah sumber elektrolit yang mempunyai sifat penghantar listrik,” tulis BPOM.

BPOM juga sudah melakukan penilaian pada keamanan, mutu, dan gizi produk pangan sebelum diedarkan pada wilayah Indonesia (pre-market evaluation).

Tidak terkecuali dari sisi kandungan cemaran sesuai standar keamanan, ataupun mutu produk pangan yang sudah ditetapkan.

“Badan POM tidak akan memberikan izin edar terhadap produk AMDK yang memiliki kandungan cemaran melebihi batas yang ditentukan,” tegasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News