Menu

Mode Gelap

citarum harum · 8 Sep 2021 08:27 WIB ·

Program Citarum Harum Tentukan Kualitas Hidup 18 Juta Orang – Kabarin.co.id


 Program Citarum Harum Tentukan Kualitas Hidup 18 Juta Orang – Kabarin.co.id Perbesar

Jakarta, CNBC Indonesia– Penanganan DAS Citarum akan menentukan nasib dan kualitas hidup 18 juta orang yang tinggal di sepanjang aliran dan generasi mendatang.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, DAS Ciatrum sedang dalam kondisi tercemar bahkan dulu tergolong berat.

Jangan sampai, kata dia, 18 juta orang di bantaran Citarum memakan ikan yang tercemar dan berdampak jangka panjang seperti penyakit degeneratif.

“Pengotoran akibat limbah industri itu bisa ikan yang memakan. Kemudian dimakan masyarakat yang bisa meninggalkan generasi bermasalah,” ujar Luhut saat memberikan arahan dalam Pengarahan terkait Program Citarum di Aula PPK Satgas Citarum, Kota Bandung, Selasa (7/9/2021).

Dalam pengarahan hadir Satgas Citarum Harum tingkat provinsi, dan para naradamping serta Dansektor Citarum yang hadir secara luring maupun daring.

“Jadi jangan sampai pencemaran merusak generasi yang akan datang, saya motivasi ini. Program Citarum ini bekerja untuk kemanusiaan. Anda jangan bekerja untuk proyek tapi ini adalah proyek kemanusiaan,”Luhut menegaskan.

Dikatakan Luhut, kalau tidak ada tindakan penanganan pencemaran sungai akan merusak generasi kita yang akan datang. “Kita tidak ingin melihat generasi kita dari Jawa Barat rusak karena pencemaran tadi,” tutur Luhut.

Luhut meminta jajaran Satgas Citarum yang meliputi gubernur, kapolda, dan pangdam serta 13 kepala daerah yang teraliri Citarum untuk terus memelihara kerja tim yang saat ini sudah terjalin bagus.

“Dansatgas, para Dansektor, polda, pangdam ini harus dipelihara (kekompakan) karena alam ini akan bicara pada kita kalau kita tidak ramah pada lingkungan, nanti alam yang akan menghukum kita semua dan saya percaya masalah itu,” tutur dia.

Foto: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meninjau DAS Citarum, Selasa (7/9/2021). (Foto: Rizal FS/Biro Adpim Jabar)

Luhut mengapresiasi kepemimpinan Dansatgas Ridwan Kamil yang telah memastikan kondisi Sungai Citarum yang sudah berada di level cemar ringan.

“Oleh karena itu saya minta pada pada tim komandan sektor, Panglima tolong lihat lagi industri-industri itu, jangan main-main lagi. Mereka jangan lagi membuang limbah ke sungai karena nanti bisa merusak generasi yang akan datang,” ucap dia.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)

Sumber kabarin.co.id

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Alasan Motor Tak Dapat Jatah Diskon PPnBM 100 Persen

24 September 2021 - 23:43 WIB

Sebagian motor yang dijual di Indonesia tidak dibebani PPnBM dari pemerintah, kecuali yang jenisnya di atas 250 cc.

Dolar AS menguat dipicu ketidakpastian atas krisis utang Evergrande

24 September 2021 - 23:30 WIB

Dolar AS menguat dipicu ketidakpastian atas krisis utang Evergrande

NCT Dream, ATEEZ dan sederet idola K-pop akan ramaikan MU:CON 2021

24 September 2021 - 23:03 WIB

NCT Dream, ATEEZ dan sederet idola K-pop akan ramaikan MU:CON 2021

Kemarin, Tukul tak derita KIPI vaksin hingga BTS sabet double platinum

24 September 2021 - 22:59 WIB

Perjumpaan hangat BTS dan Coldplay jelang rilis "My Universe"

Merek Mobil Asli Vietnam Semakin Gedor Eropa

24 September 2021 - 22:33 WIB

Merek Mobil Asli Vietnam Semakin Gedor Eropa

Aktor Kim Jung-hyun gabung di agensi Seo In-guk

24 September 2021 - 22:31 WIB

Aktor Kim Jung-hyun gabung di agensi Seo In-guk
Trending di News