Rekomendasi 15 Tempat Wisata Di Probolinggo yang Wajib Dikunjungi

  • Bagikan

Kabarin.co.id- Travelling, Probolinggo ialah  sebuah daerah yang mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, apabila  kamu  ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin kamu  tidak akan kecewa tetapi kamu  akan merasakan senang apalagi apabila  kamu  berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan. Berikut daftar 15 Tempat Wisata di Probolinggo yang wajib dan harus kamu  kunjungi apabila  kamu  sedang berkunjung ke Probolinggo.

1.Tempat Wisata Puncak B29 Bromo

Tempat Wisata Puncak B29 merupakan tempat wisata yang sangat mempesona, dimana tempat ini ialah  salah satu dari tempat  wisata yang termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tempat wisata Puncak B29 ini dikenal keindahannya sebagai negeri di atas awan serta keindahan matahari terbitnya. Kawasan wisata B29 menjadi spot baru kunjungan wisata di sekitar gunung bromo. Puncak tertingginya mempunyai  ketinggian 2900 Mpdl. Mungkin itu sebabnya kawasan tersebut dinamakan Puncak B29. Wajar apabila  Tempat tempat  wisata ini dijuluki “Negeri Diatas awan” karena memang dari ketinggian itu terlihat seakan berada diatas awan.

2.Tempat Wisata Padang Savana Atau Bukit Teletubies Gunung Bromo

Tempat Wisata Padang Savana Atau Bukit Teletubies Gunung Bromo ialah  sebuah hamparan padang rumput yang luas yang berada di sisi selatan gunung bromo. Sepintas hamparan padang savana bromo berupa bukit – bukit hijau dan indah yang menyerupai bukit Teletubbies dalam film anak – anak. Nama lain Tempat wisata Padang Savana Bromo  yaitu Lembah Jemplang. Disana kamu  akan merasa begitu tenang sejuk dan nyaman karena para pengunjung bisa merasakan pesona keindahan padang rumput savana yang begitu indah.

3.Tempat Wisata Gunung Argopuro

Tempat Wisata Gunung Argopuro merupakan bagian dari gunung Iyang yang ada di Kabupaten Probolinggo. Gunung Argopuro mempunyai ketinggian sekitar 3.088.  Tempat Wisata Gunung Argopuro mempunyai beberapa puncak, salah satunya puncaknya ialah  puncak Rengganis. Tak hanya mempunyai daya tarik khas puncak gunung, Tempat wisata ini ada  juga beberapa situs peninggalan zaman purbakala yaitu teras berundak yang terdiri 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan yang  terdapatv di dalamanya.

Tempat Wisata Pantai Bentar

Tempat Wisata Pantai Bentar merupakan salah satu wisata unggulan Probolinggo. Yang menarik di pantai ini ialah  penampakan Hiu Tutul atau whale shark. Umumnya  mereka muncul dan tampak pada bulan Januari – Maret. Cukup melihat dari pantai saja, bisa kelihatan kok, atau mungkin kamu  bisa menggunakan keker. Jaraknya sekitar 1 kilo dari bibir pantai. Konon hiu ini sedang bermigrasi dari Laut Australia sebab kalender cuaca.

5.Tempat Wisata Hutan Mangrove

Tempat Wisata HUtan Mangrove merupakan tempat wisata favorit dengan didukung oleh wilayah yang berbatasan dengan laut, sehingga membuat Probolinggo banyak menyajikan tempat – tempat menarik yang langsung berhadapan dengan laut, salah satunya Wisata Mangrove, banyak wisatawan dari daerah luar Probolinggo, yang berkunjung ke Probolinggo yang tidak hanya berwisata tetapi juga melakukan penelitian dan Observasi lingkungan, diantara kawasan probolinggo yang disediakan untuk tempat Wisata Mangrove.

6.Tempat Wisata Pulau Gili Ketapang

Tempat Wisata Pulau Gili Ketapang adalah pulau di Selat Madura, jaraknya ± 8 km dari bibir pantai Probolinggo, dan mayoritas dihuni oleh Suku Madura. Tempat wisata Gili yang berarti mengalir dan Ketapang ialah  nama tempat tersebut. Tempat wisata Pulau Gili Ketapang mempunyai  luas sekitar 68 hektar, dan dapat diakses melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga. Disini kamu  bisa snorkeling, menikmati indahnya pemandangan laut, ataupun melihat terumbu karang yang cantik. Zaman dulu Pulau Gili Ketapang menyatu dengan Pulau Jawa, dan memisah setelah Gunung Semeru meletus dahsyat. Gili artinya mengalir, Ketapang ialah  nama tempat tersebut.

7.Tempat Wisata Air Terjun Madakaripura

Tempat Wisata Air terjun Madakaripura berlokasi  di Kecamatan Lumbang. Tempat Wisata Air terjun ini masih termasuk di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tempat Wisata Air terjun Madakaripura ini mempunyai bentuk ceruk dengan perbukitan yang mengelilinginya, pada seluruh bidang tebingnya meneteskan air. Tempat Wisata Air Terjun Manda karipura bisa di tuju dari kota Probolinggo atau dari Malang. Tempat wisata Madakaripura bisa dicapai dari Probolinggo dengan menggunakan bus ke arah Tongas.

8.Tempat Wisata Danau Ronggojalu

Tempat Wisata Danau Ronggojalu ini tak hanya dijadikan sebagai tempat wisata juga digunakan sebagai sarana air bersih dan industri untuk masyarakat Probolinggo. Tempat Wisata Danau Ronggojalu berada di kecamatan Tegalsiwalan. Tempat wisata Mata air Danau Ronggojalu terbentuk dari bentukan alam dan mempunyai kapasitas 3000 liter per harinya. Sehingga bnyak warga sekitar yang memanfaatkan airnya. Tempat Wisata Ronggojalu juga digunakan sebagai sarana irigasi untuk sawah dan untuk kebutuhan air minum kota. Suasana yang sejuk dan hijau dengan udara yang bersih tentu akan sangat cocok apabila  danau Ronggojalu ini dijadikan area rekreasi keluarga. Salian itu di tempat ini tersedia penyawaan ban dan beberapa perahu yang bisa kamu sewa.

9.Tempat Wisata Kebun Teh Andung Biru

Tempat wisata Perkebunan Teh Andung Biru yaitu  salah satu tempat  wisata yang menyajikan suasana hijau dengan khas perkebunan teh, mempunyai  udara disekitar yang dingin dan sejuk dan pemandangan alam yang menarik dan eksotis. Perkebunan berada di Kecapatan Tiris – Kabupaten Probolinggo.

10.Tempat Wisata Bukit Bentar Probolinggo

Pemandangan berbeda kini terpancar di bukit Gunung Bentar, Kabupaten Probolinggo. Kenapa begitu, setiap harinya, apalagi pada Hari minggu, dibukit Bentar, dipenuhi muda-mudi jeprat jepret berpose, bahkan mereka memperagakan selfi bersama teman-temannya. Ternyata, bukit yang lokasinya diatas tempat wisata pantai Bentar dengan ketinggian 400 meter dari permukaan laut ini, menjadikan tempat yang menakjubkan di Pulau Jawa. Sebuah bukit yang berada di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Probolinggo, sekarang ini wargapun menyebutnya dengan bukit Bentar atau bukit selfi. Untuk mendaki ke bukit ini, pengunjung harus melalui jalan terjal untuk mencapai ke puncak. Pengunjung dengan leluasa melihat pemandangan yang luar biasa dari atas bukit, selain melihat hijaunya mangrove dan keindahan laut, pengunjung juga bisa melihat jalur pantura Surabaya-Situbondo.
11.Tempat Wisata Candi Jabung

Tempat Wisata Candi Jabung merupakan Candi Hindu peninggalan dari kerajaan Majapahit, yang terletak di Jabung, Paiton. Walapun dari bata merah, candi Jabung mampu bertahan selama ratusan tahun. Aritektur Candi Jabung ini hampir serupa dengan Candi Bahal, Sumatra Utara. Candi Jabung berjarak  ± 5km dari Kraksan.

12.Tempat Wisata Taman Wisata Study Lingkungan (TWSL)


Tempat Wisata Taman Wisata Study Lingkungan. Lokasi TWSL berada di lahan eks bengkok Pemerintah Kota Probolinggo di Joboan Kelurahan Mangunharjo kecamatan Mayangan dengan luas kurang lebih 1 ha . Terdapat kurang lebih dua puluh jenis tanaman tahunan di TWSL antara lain Sengon , mengkudu , Mahoni , Waru Rangkang dll. Selain berbagai macam jenis tanaman, di Taman Wisata Study Lingkungan juga terdapat taman satwa berbagai jenis seperti Aves, Mamalia, Pisces, Reptil dan Tree.

13.Tempat Wisata Museum Probolinggo

Tempat Wisata Museum Probolinggo ialah  sebuah museum yang beradi di Jalan Suroyo No 7 Kota Probolinggo. Dengan dilengkapi berbagai atribut benda – benda bernilai sejarah serta replika yang mencerminkan eksistensi sebuah budaya bernilai tinggi , sanggup meningkatkan citra kota Probolinggo sebagai kota sejarah . Berbagai aset peninggalan pada masa penjajahan Belanda  turut menambah koleksi museum Pobolinggo.

14.Tempat Wisata Agrowisata Sumberbendo


Tempat Wisata Agrowisata Sumberbendo merupakan salah satu agrowisata yang fokus pada pembudidayaan Anggur terletak di desa Sumberbendo, kecamatan Sumberasih kabupaten Probolinggo-Jawa Timur. Walaupun terbilang baru, tetapi agrowisata yang satu ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan. Baik wisatawan domestik maupun asing. Tak hanya dapat melihat area perkebunan yang merupakan tempat pembudidayaan anggur merah, Kamu  bersama keluarga juga dapat bermain di sebuah taman bermain. Tak hanya itu, terdapat pula kolam ikan berdesain cantik yang diisi oleh jenis ikan mujair. Selain kolam ikan mujair, Kamu  juga bisa berendam dan berenang di kolam renang yang ada area wisata ini.

15.Tempat Wisata Mangrove BJBR Probolinggo

Tempat Wisata Mangrove BJBR Probolinggo yang berada di pesisir pantai pelabuhan Mayangan Kota Probolinggo Jawa Timur ini menjadi trending topik tempat  wisata yang unik. Tempat wisata BJBR yang mempunyai kepanjangan Beejay Bakau Resort ini diresmikan pada tahun 2013 lalu dan menjadi pusat perhatian para wisatawan dengan cepat. Menuju wisata Mangrove ini sangatlah mudah karena letaknya yang tidak jauh dari alun-alun Kota Probolinggo yaitu tepatnya disebelah utara alun-alun.

 

 

 

  • Bagikan