oleh

Rusia Himbau Warganya Hati-hati Ketika Berkunjung Ke AS

Kabarin.co.id, Washington – Anatoly Antonov selaku Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat (AS), memberikan saran untuk warga Rusia untuk meningkatkan kewaspadaan pada saat berkunjung ke AS. Pasalnya, Moskow menuding Washington tengah memburu warga Rusia di luar negeri, tepatnya ketika berada di AS.

“Mengenai datang ke sini (AS), tentu saja, setiap warga negara Rusia, saya harus mengatakan bahwa, harus sangat berhati-hati ketika dia bepergian ke AS,” ucap Antonov pada sebuah pernyataan, menurut yang dilansir dari Tass, Senin (28/10/2019).

Lebih lanjut, Antonov mencatat bahwa salah satu prioritas Kedutaan Besar Rusia di AS, ialah memberikan perlindungan pada 100 orang Rusia yang saat ini berada di penjara AS. Terlepas dari itu, Antonov menyebut bahwa tugas Kedutaan Besar Rusia untuk memastikan mereka bisa segera dibebaskan.

Selanjutnya, ia mengurai tentang upaya diplomatik Rusia, tepatnya untuk mengamankan pembebasan maria Butina. Seperti yang diketahui, Butina ditangkap di Washington, 15 Juli 2018 lalu serta didakwa dengan konspirasi guna bertindak sebagai agen asing di AS.

“Kami berusaha untuk tidak menarik perhatian media, karena pekerjaan semacam ini membutuhkan ‘keheningan.’ Kami bekerja dengan Departemen Luar Negeri dan lembaga terkait, memantau pergerakan Butina, kondisi pikiran dan kondisi fisiknya. Segera setelah kami melihat bahwa dia diperlakukan terlalu keras, kami mengintensifkan upaya kami,” jelasnya.

Dari putusan pengadilan, Butina dijatuhi hukuman penjara selama 18 bulan. Moskow pun menyatakan bahwa dakwaan tersebut sudah dibuat-buat, serta menuntut tindakan pembebasan dari tahanan. Butina sudah menjalani masa hukuman dan bebas pada Jumat lalu, kemudian terbang kembali ke Rusia esok harinya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News