Sandiaga: Orang RI Liburan ke Luar Negeri Habiskan Rp 150 T – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menginginkan orang Indonesia lebih sering berwisata di dalam negeri. Dengan begitu dana Rp 150 triliun yang selama ini dihabiskan di negara lain bisa berputar di dalam negeri.

“Ada Rp 150 triliun (setahun) jumlah dana yang teralokasi oleh para wisatawan nusantara untuk berwisata di luar negeri,” ujar Sandiaga dalam sebuah webinar, Senin (22/3/2021).

Oleh karena itu, Sandiaga menginginkan agar dana wisatawan lokal tersebut bisa diputar di dalam negeri saja. Beberapa strategi yang telah disiapkan adalah dengan mengembangkan lima destinasi pariwisata super prioritas.

Kelima destinasi tersebut, antara lain Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Kendati demikian, Bali yang selama ini menyumbang 60% devisa pariwisata di Indonesia diharapkan tetap menjadi sumbangan devisa pariwisata.

“Saya ingin agar ‘kue’ atau bagian untuk Bali meningkat dan 5 destinasi bertambah. Dengan hadirnya 5 destinasi super prioritas yang baru dan ditambah lagi dengan kawasan strategis pariwisata nasional, kita bisa mengambil peluang untuk merealokasi dana masyarakat yang habis untuk berwisata di luar negeri itu,” jelas Sandiaga.

Pemerintah menyiapkan 5 destinasi pariwisata super prioritas bukan hanya dari segi infrastrukturnya saja tapi juga ekonomi kreatif. Mulai dari kalender event, produk fashion, kuliner, kerajinan tangan, film, hingga music.

Selain itu, Sandi juga mendapatkan arahan untuk pengembangan desa wisata. Ada sekitar 244 desa wisata yang akan menambah daya tarik dari 5 destinasi super prioritas tersebut.

Dengan mengembangkan 5 destinasi pariwisata super prioritas itu, Sandiaga berharap kontribusi pariwisata terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) bisa mencapai 7,5% dan 5-10 tahun mendatang meningkat menjadi 10% – 12%.

“Saya menargetkan kontribusi pariwisata lebih besar dari 7,3% dari PDB. Alangkah indahnya 5-10 tahun ke depan 10% sampai 12% kontribusi sektor kita (pariwisata) ke PDB,” ujar Sandiaga.

[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan