oleh

Sempat Viral, Rumah Mbah Sumirah Bakal Dibedah

Kabarin.co.id, Kediri – Sebuah rumah kumuh di Kota Kediri viral di media sosial. Bantuan dan renovasi rumah pun akan dilakukan oleh Pemkot Kediri.

Rumah yang sudah tidak layak huni tersebut ditempati oleh Mbah Sumirah (78). Rumah tersebut merupakan peninggalan dari sang mendiang suami.

Mbah Sumirah diketaahui mempunyai tiga orang anak, yakni Sri Wilujeng (42), Sri Harnanik (41), dan Sugeng Triyono (38). Sri Harnanik dan Sugeng menderita gangguan jiwa.

Rumah tersebut sangatlah memprihatinkan, atap yang terbuat dari kayu sudah lapuk dan rapuh. Tidak hanya itu, kasur tempat tidur juga dipenuhi dengan barang berserakan serta sudah berjamur.

Abdullah Abu Bakar selaku Wali Kota Kediri bersama dengan Dinas Sosial dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Kediri mendatangi rumah tersebut.

Abu Bakar mengaku dirinya datang ke lokasi setelah mendapat informasi tentang kondisi ekonomi Mbah Sumirah yang terpuruk di media sosial.

“Saya mendapatkan info dari media sosial, lalu tadi malam saya langsung koordinasi dengan Dinsos dan Perkim untuk menindaklanjuti,” kata Abu Bakar kepada detikcom, Kamis (22/10/2020).

“Sebetulnya pensiunan tidak boleh. Tapi atas pertimbangan kondisi seperti ini, maka PKH tetap diberikan,” imbuh Triyono Kutut, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri.

Jika sesuai rencana, pemerintah akan memperbaiki rumah Mbah Sumirah. Dan sementara waktu, Mbah Sumirah beserta anaknya dipindahkan ke barak penampungan Dinas Sosial sembari menunggu renovasi rumah.

Ketika ditanya, Mbah Sumirah mengaku sangat senang memperoleh bantuan tersebut. Meski pada dasarnya ia mengaku sering kesepian dan sendirian dirumah.

“Saya sudah lama tinggal disini, saya merasa kesepian dan malas membersihkan rumah. Karena di rumah hanya sendiri bersama anak saya. Matursuwun dibantu akan dibangun rumah saya,” ucap Mbah Sumirah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News