oleh

Seperempat Dari Populasi Dunia Terancam Krisis Air

Kabarin.co.id, London – Menurut yang dikabarkan, hampir dari seperempat populasi dunia akan menghadapi krisi air dalam waktu dekat. Sekitar 17 negara atau lebih dari seperempat penduduk bumi, mengalami tekanan tinggi terhadap krisis air serta beberapa wilayah diprediksi akan segera kekeringan.

Ditunjukkan dengan adanya krisis pada atlas Resiko Kekurangan air yang dirilis oleh World Resources Institute (WRI), resiko kekringan dan risiko banjir pada penjuru dunia. “Agrikultur, industri dan kawasan mengonsumsi 80% air permukaan dan air bawah tanah di 17 negara yang mengalami dampak terburuk,” isi laporan WRI.

“Saat permintaan melebihi suplai, bahkan saat terjadi guncangan kekeringan yang meningkat akibat perubahan iklim dapat memiliki konsekuensi besar seperti krisis di Cape Town, Sao Paulo dan Chennai.” lanjut laporan.

Lebih lanjut, kelompok negara yang berada pada masalah air terparah yakni Qatar, Israel, Lebanon, Iran, Yordania, Libya, Kuwait, Arab Saudi, Eritrea, Uni Emirat Arab (UEA), San Marino, Bahrain, India, Pakistan, Turkmenistan, Oman dan Botswana.

CEO WRI, Andrew Steer mengungkap, krisis air menjadi masalah besar yang tidak ada seorangpun yang membahasnya. “Masalah air menjadi krisis terbesar yang tak seorang pun membicarakannya. Ini konsekuensi yang paling mudah terlihat dalam ketidakamanan pangan, konflik dan migrasi serta ketidakadilan keuangan,” jelas Andrew.

“Krisis air terbaru di Chennai menjadi perhatian global tapi berbagai wilayah di India mengalami krisis air kronis,” jelas Shashi Shekhar, selaku mantan menteri air India.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News