oleh

Setelah Diinterogasi, Australia Pulangkan Dua Jurnalis Dari China

Kabarin.co.id, Sydney – Dua koresponden asing asal Australia dipulangkah dari China guna keselamatan mereka. Upaya tersebut dibantu oleh para pejabat konsuler Australia.

Keduanya dipulangkan pasca diinterogasi oleh pihak Kementerian Keamanan Negara China.

“Koresponden untuk Australian Broadcasting Corporation (ABC) dan Australian Financial Review (AFR) itu meminta perlindungan di Kedutaan Besar (Kedubes) Australia di Beijing dan konsulat di Shanghai saat para diplomat bernegosiasi dengan para pejabat China untuk membiarkan meninggalkan negara itu,” papar Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia Marise Payne.

“Negosiasi terkait dua jurnalis itu, Bill Birtles dari ABC dan Michael Smith dari AFR, mencapai level tertinggi pemerintahan Australia,” ungkap sumber yang mengetahui masalah itu pada Reuters.

Smith menjelaskan, polisi China masuk rumah dia pria tersebut yang masing-masing tinggal di Shanghai dan Beijing, setelah tengah malam pada Rabu serta mengatakan bahwa mereka dilarang meninggalkan China.

“Kami khawatir ini langkah terkoordinasi. Itu menunjukkan pada kami ada motif politik. Kami hanya dua jurnalis yang berada di China bekerja untuk media Australia,” ujar Smith.

“Ini terasa sangat, sangat politis. Sangat terasa seperti pergumulan diplomatik hubungan Australia-China,” kata Birtles pada televisi ABC.

Sebelumnya, pemerintah Australia sudah memperingatkan dua pria tersebut agar meninggalkan China saat ketegangan meningkat terkait penahanan warga Australia lain, yaitu pembawa acara televisi China, Cheng Lei.

“Cheng ditahan karena dicurigai terkait aktivitas kriminal yang membahayakan keamanan nasional,” ungkap pernyataan Kementerian Luar Negeri China.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News