oleh

Stadion Jatidiri Semarang Diklaim Siap Pakai Akhir Tahun 2020

Kabarin.co.id, Semarang – Setelah sempat telat lelang, pembangunan Stadion Jatidiri Semarang belum juga rampung. Stadion tersebut diprediksi sudah siap pakai pada akhir tahun 2020.

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata jateng, Sinoeng N. Rachmadi, tahun ini dialokasikan dana sebesar Rp 139, 1 miliar dari APBD Jawa Tengah 2019 untuk konstruksi. Hal tersebut terdiri dari arsitektur, lintasan atletik 8 track, spaceframe, dan juga landscape.

“Sudah dimulai Juni dan selesai bulan Desember,” ucap Sinoeng ketika melakukan peninjauan pengerjaan stadion Jatidiri, Jumat (9/8/2019).

Lebih lanjut, Sinoeng juga menjelaskan bahwa pasca rampung pada 2019, maka 2020 sebagai periode finishing. Sejalan dengan proses tersebut, pemerintah juga mengurus sertifikasi sehingga pada saat sudah 100 persen bisa langsung digunakan.

“Awal 2020 kita proses sertifikasi. Jadi begitu sudah 100 persen bisa langsung pakai,” tegasnya.

Sesuai dengan yang direncanakan, Stadion jatidiri mempunyai kapasitas 30 ribu penonton, yang mampu menampung tribune varat VVIP, tribune timur untuk umum dan difable, dan juga tribune utara dan selatan untuk umum.

Sedangkan untuk keseluruhan, kawasan Jatidiri tengah dalam renovasi serta pembangunan dengan total biaya Rp 1,1 triliun. “Gagal lelang tahun 2017, konsekuensinya di waktu,” ucap Sinoeng.

“Ini juga akan jadi sport tourism destination,” imbuhnya.

Diketahui, kompleks Jatidiri akan menjadi kawasan yang lengkap. Pada tahun ini, pembangunan 12 item dengan anggran Rp 436 miliar. Item yang dimaksud mencakup stadion, kolam renang, lapangan tenis, sirkuit sepatu roda, lapangan voli pasir, dan lainnya.

“Untuk stadion progresnya sekitar 80 persen. Kalau keseluruhan kompleks Jatidiri 50-an persen,” pungkas Sinoeng.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News