Menu

Mode Gelap

News · 7 Sep 2021 04:01 WIB ·

Super Longgar! Beda PPKM Level 4 Jawa & Non Jawa – Kabarin.co.id


 Super Longgar! Beda PPKM Level 4 Jawa & Non Jawa – Kabarin.co.id Perbesar

Jakarta, kabarin.co.id – Pemerintah resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di luar Jawa Bali, selama dua minggu ke depan terhitung sejak 7 hingga 20 September 2021.

Keputusan tersebut ditetapkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 40/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease di Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua.

Dalam aturan tersebut, masih ada sekitar 23 kabupaten/kota yang tetap menerapkan PPKM level 4. Sebelumnya, wilayah luar Jawa Bali memiliki 34 kabupaten kota yang menerapkan PPKM level 4.

Namun, jika dilihat lebih jauh, penerapan PPKM Level 4 di luar Jawa – Bali lebih longgar dibandingkan penerapan PPKM level 4 di wilayah Jawa – Bali.

kabarin.co.id merangkum sejumlah perbedaan mencolok dari penerapan PPKM Level 4 Jawa – Bali dan PPKM Level 4 Luar Jawa – Bali. Simak selengkapnya :

– Operasional Pabrik Industri Orientasi Ekspor

Pada PPKM level 4 Jawa – Bali, industri berorientasi ekspor hanya dapat beroperasi satu shift dengan kapasitas maksimal 50% staf di pabrik dan 10% pelayanan administrasi perkantoran guna mendukung operasional.

Selain itu, pabrik industri orientasi ekspor di wilayah PPKM Level 4 juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk pengaturan masuk dan pulang. Para karyawan, pun tidak diperbolehkan makan secara bersamaan.

Sementara di wilayah PPKM luar Jawa – Bali, pabrik industri orientasi ekspor dan penunjang dapat beroperasi hingga 100%, dengan catatan jika ditemukan klaster penyebaran Covid-19, maka industri yang bersangkutan akan ditutup selama lima hari.

– Operasional Supermarket & Swalayan

Wilayah PPKM Level 4 Jawa – Bali menetapkan supermarket maupun swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasionalnya hingga pukul 21:00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50% dan diwajibkan untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi terhitung sejak 14 September 2021.

Untuk wilayah PPKM Level 4 luar Jawa – Bali, masa operasional supermarket dan pasar swalayan memang lebih ketat, karena hanya dibatasi hingga pukul 20:00 waktu setempat, dengan kapasitas maksimal 50%. Namun, wilayah ini belum mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

– Operasional Pasar Tradisional & Pedagang Kaki Lima

Pasar tradisional, pedagang kaki lima, toko kelontong, dan sejenisnya di wilayah PPKM level 4 Jawa – Bali diizinkan buka dengan protokol kesehatan hingga pukul 21:00 waktu setempat.

Sementara di wilayah PPKM level 4 luar Jawa – Bali, tidak ada pengaturan jam operasional bagi pasar tradisional, pedagang kaki lima, toko kelontong, dan lainnya.

Halaman Selanjutnya >>> Ketentuan Dine In Hingga Pusat Perbelanjaan

Sumber kabarin.co.id

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

KCCI Gelar Pameran Foto Jeju-Bali

25 September 2021 - 00:14 WIB

KCCI Gelar Pameran Foto Jeju-Bali

WHO Warning RI Soal Jabar, Banten, Jatim dan Jateng, Kenapa? – Kabarin.co.id

25 September 2021 - 00:10 WIB

Zenius kenalkan Zeniusland, ruang permainan edukatif beranimasi

24 September 2021 - 23:59 WIB

Zenius kenalkan Zeniusland, ruang permainan edukatif beranimasi

KPK Tetapkan Wakil Ketua DPR Tersangka Dugaan Korupsi – Kabarin.co.id

24 September 2021 - 23:50 WIB

Alasan Motor Tak Dapat Jatah Diskon PPnBM 100 Persen

24 September 2021 - 23:43 WIB

Sebagian motor yang dijual di Indonesia tidak dibebani PPnBM dari pemerintah, kecuali yang jenisnya di atas 250 cc.

Dolar AS menguat dipicu ketidakpastian atas krisis utang Evergrande

24 September 2021 - 23:30 WIB

Dolar AS menguat dipicu ketidakpastian atas krisis utang Evergrande
Trending di News