Tahun Ini Tak Ada Konser Musik, Event Organizer Pilih Tiarap! – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Pecinta konser atau live music nampaknya harus menunggu lebih lama untuk menyaksikan event ini secara langsung. Pasalnya, meski sudah ada penurunan level PPKM, namun Pemerintah belum mengindikasikan adanya izin penyelenggaraan event ini.

Di lain sisi, event organizer (EO) pun mengaku tahun ini belum menjadi waktu yang tepat untuk membuat berbagai jenis event live music.

“2021 masih riskan, apalagi sebuah konser musik outdoor dengan penonton berdiri,” kata Ketua Umum Dewan Industri Event Indonesia (Ivendo), Mulkan Kamaludin kepada kabarin.co.id, Rabu (8/9/21).

Pilihan Redaksi
  • Sabar Ya! Java Jazz Festival Baru Bakal Hadir Tahun 2022

Namun, dari sisi penyelenggara sebenarnya sudah siap untuk menyelenggarakan kegiatan konser musik secara live. Meskipun dengan sejumlah pembatasan, namun event music tetap bisa berlangsung. Sayangnya di sisi lain banyak pertimbangan bisnis yang bisa jadi tidak masuk.

“Misal mau bikin konser, contoh di Istora Senayan, ada tribun tempat duduk, saya rasa bisa, asal tempat duduknya berjarak nggak semua bangku terisi. Cuma masalahnya memang cuma 50% kapasitas dari sisi hitung-hitungan bisnis nggak masuk, atau harga tiket mahal. Misal Rp 500 ribu jadi Rp 1 juta karena kapasitas 50%,” jelasnya.

Dengan pertimbangan tersebut, banyak EO yang menahan untuk tidak dulu menyelenggarakan event saat ini. Selain itu, mendapat perizinan pun bukan menjadi hal mudah. Di masa pandemi Covid, selain membutuhkan izin keramaian dari Kepolisian, maka diperlukan juga izin dari Satgas Covid-19 di tiap daerah.

“Balik ke cara promotor yakinkan satgas Covid, harus meyakinkan, PR-nya itu memberi confidence dimana layak kasih izin,” katanya.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *