Tak Lagi di Monas, BI Buka Penukaran Uang Lebaran di Sini! – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Bank Indonesia (BI) mengumumkan penukaran uang baru sudah bisa dilakukan sejak 12 April – 11 Mei 2021. Kendati demikian, BI tidak lagi menerima penukaran uang kepada masyarakat secara individu atau ritel.

“BI tidak lagi melayani atau memberikan layanan individu kepada masyarakat. Kalau sebelumnya kita sering mendengar dan melihat penukaran di Monas, kami tidak melakukan itu,” jelas Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim melalui diskusi virtual, Rabu (14/4/2021).

“Kami melakukan penukaran melalui perbankan dan kemudian perbankan nanti dengan masyarakat atau kelompok masyarakat. Periode layanan kas kami mulai 12 April sampai H-2 lebaran yaitu 11 Mei 2021,” kata Marlison melanjutkan.

Dalam melakukan penukaran uang baru, masyarakat hanya perlu membawa sejumlah uang yang mau ditukarkan.

Penukaran uang baru di tahun ini yang dilakukan secara wholesale atau grosir tersebut, kata Marlison sebagai upaya pencegahan BI untuk terhindar dari cluster di sektor perbankan. Sehingga BI melakukan demi mengurangi kerumunan dan penumpukan masyarakat dan penukaran uang ini.

Adapun jumlah bank yang akan kerjasama dengan BI dalam penukaran ini sebanyak 107 bank dengan 4.608 outlet.

“Prinsipnya seluruh jaringan kantor bank sudah siap sejak 12 April kemarin untuk melakukan penyediaan dan penukaran kepada masyarakat,” jelas Marlison.

Secara historis, dari tahun ke tahun, biasanya masyarakat mulai melakukan penukaran pada H- 2 minggu sebelum lebaran. Animo terhadap penukaran uang baru juga sudah mulai terlihat.

Oleh karena itu, di tahun ini, BI memproyeksikan penarikan uang kartal oleh perbankan dalam menyambut Idul Fitri 2021 mencapai Rp 152,14 triliun atau meningkat 39,33% year on year dibandingkan dengan realisasi penarikan perbankan tahun 2020 yang sesar Rp 109,2 triliun.

“Animo masyarakat untuk penggunaan uang kartal ini masih cukup tinggi dan masih diperlukan, dan kami melihat tren uang baru lebaran ini masih dibutuhkan. Meskipun animonya tidak sebesar seperti di kondisi normal, tapi tahun ini lebih meningkat dibanding tahun lalu,” jelas Marlison

[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan