oleh

Terkait Virus Corona, WHO Umumkan Situasi Darurat Global

Kabarin.co.id, Jakarta – World Health Organization (WHO) selaku organisasi kesehatan dunia, mengumumkan situasi darurat terkait virus corona mematikan yang menyebar di China.

Pengumuman tersebut diterbitkan pada hari Kamis dan suatu langkah yang diambil pasca China melaporkan lonjakan angka kemaatian terbesar dalam sehari.

Mengutip dari AFP dan AP, WHO melakukan revisi mengenai penilaian risiko terhadap virus coronaa. Saat ini, virus corona sendiri sudah membunuh setidaknya 170 orang di China.

“Kekhawatiran terbesar kami adalah potensi penyebaran virus ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah,” ucap petinggi WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada sebuah pengarahan di Jenewa, dilansir dari AFP, Jumat (31/1/2020).

“Kita semua harus bertindak bersama-sama untuk membatasi penyebaran… kita hanya bisa menghentikannya bersama-sama,” imbuhnya.

Meski begitu, Tedros menyebut tidak harus ada pembatasan perjalanan dan perdgangan dengan China dalam upaya mencegah penyebaran virus. Seperti yang diketahui, virus corona sudah menyebar ke 15 negara di seluruh dunia.

Tedros menjelaskan, alasan utama dari deklarasi tersebut bukan karena sesuatu yang terjadi di China. Hal tersebut dikarenakan virus corona menyebar hingga ke belasan negara.

“Alasan utama dari deklarasi ini bukan karena apa yang terjadi di China tetapi karena keadaan di negara-negara lain,” tegas Tedros.

“Deklarasi ini bukanlah mosi tidak percaya di China. Sebaliknya, WHO terus memiliki kepercayaan akan kapasitas China untuk mengontrol wabah,” lanjutnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News