Tips Agar Cepat Melahirkan Sebelum HPL

  • Bagikan
Tips Agar Cepat Melahirkan Sebelum HPL
Ilustrasi / Foto: Alodokter

Kabarin.co.id – Adakah Tips Agar Cepat Melahirkan Sebelum HPL? Jika dijawab secara ringkas, tentu pasti ada. Namun pada kondisi tertentu, anda juga harus tetap kontrol rutin ke bidan atau dokter spesialis kandungan.

Hari Perkiraan Lahir (HPL) merupakan prediksi dari tanggal terkait kapan si kecil akan lahir ke dunia. Namun sesuai fakta, hanya 2 hingga 5% saja yang benar-benar lahir sesuai dengan tanggal tersebut.

Setidaknya, ada sekitar 40% bayi justru lahir 2 minggu setelahnya. Terlebih lagi, adanya faktor tanggal cantik juga membuat sebagian ibu hamil justru ingin lebih cepat melahirkan sebelum HPL.

Apa melahirkan sebelum HPL itu aman? Jika menurut ahli, ibu hamil disarankan menunggu hingga usia kehamilan masuk pada minggu ke-40 sebelum melahirkan. Sebagai alasannya ialah agar bayi lebih siap dan bisa keluar secara alami.

Akan tetapi, apabila usia kandungan sudah 42 minggu, serta masih belum anda pertanda akan melahirkan, maka bisa jadi ada masalah dengan bayi atau ibunya.

Hal ini tentu bisa menimbulkan keresahan dalam benak sang ibu, khususnya bagi mereka yang semakin memperlama proses atau waktu persalinan.

Guna menghindari mundurnya tanggal persalinan, sekitar 50% ibu hamil umumnya menggunakan cara alami. Akan tetapi, langkah seperti apapun akan lebih baik tidak dilakukan sebelum HPL.

Tips Agar Cepat Melahirkan Sebelum HPL

Sebagai poin ataukunci utama jika anda ingin cepat melahirkan sebelum HPL, ialah dengan konsultasi dengan dokter. Akan lebih baik jika anda bertanya terlebih dahulu tentang persiapan dan risiko melahirkan sebelum HPL.

Secara umum, dokter akan memperbolehkan jika janin sudah benar-benar matang serta siap untuk hidup di dunia luar.

Berikut beberapa tips sederhana yang mungkin bisa anda lakukan sebagai rutinitas sehari-hari :

1. Aktif Berjalan Kaki

Pada kondisi hamil, coba seringlah berjalan kaki dengan santai dan benar. Lakukan kegiatan ini ketika anda merasakan kontraksi.

Perlu dipastikan bahwa postur tubuh tetap tegak, bukan condong ke belakang ataupun depan. Selain mudah dan murah, cara ini juga bisa dilakukan dimana saja.

2. Lebih Sering Bergubungan Intim

Banyak bidan atau dokter kandungan yang menyarankan untuk melakukan induksi alami, yakni dengan cara lebih sering melakukan hubungan intim.

Hal ini lantaran sperma mempunyai kandungan prostaglandin yang mampu membantu ‘mematangkan’ leher rahim serta bisa mempercepat proses persalinan.

Akan tetapi, adapula sebuah studi yang menyebutkan bahwa langkah ini tidak terlalu berdampak. Bahkan tidak adapula bukti bahwa leher rahim mengalami perubahan pasca melakukan hubungan.

Meski begitu, tidak ada salahnya jika anda tetap mencoba. Apalagi dalam kondisi hamil, umumnya tubuh sangat sensitif terhadap hormon.

3. Lakukan Senam Hamil

Seperti yang kita ketahui, senam hamil mempunyai banyak manfaat. Salah satunya ialah untuk merangsang supaya posisi bayi lebih dekat dengan jalan lahir.

Selain itu, otot jalan lahir bisa lebih lemas dan mempermudah kontraksi ketika melahirkan.

  • Bagikan