oleh

Tips Agar Keuangan Sehat, Caranya Mudah Kok

Kabarin.co.id – Jika melihat banyaknya referensi, Tips Agar Keuangan Sehat, Caranya Mudah Kok. Yang terpenting langkah yang anda terapkan benar, sehingga tidak berpengaruh pada kondisi finansial yang sedang tidak stabil.

Nah pada poin ini, banyak orang yang merasakan bahwa kondisi keuangan pribadi mereka tidaklah sehat. Beberapa kebiasaan terkait keuangan yang kurang baik, justru semakin sering dilakukan.

Hasilnya, seseorang sering kehabisan uang di tengah bulan, semakin akrab dengan kartu kredit, sering belanja yang sifatnya konsumtif, atau bahkan berani melirik pinjaman online yang bunganya sangatlah mahal.

Jika anda berada pada kondisi yang demikian, jangan terburu-buru untuk panik. Sebab hal tersebut hanya akan memperburuk keadaan finansial anda.

Jika beberapa kebiasaan buruk sering anda lakukan, tentu sudah saatnya untuk mengambil langkah yang lebih cerdik. Anda harus memperhitungkan segala hal dan mencari solusi dari masalah keuangan tersebut.

Tips Agar Keuangan Sehat, Caranya Mudah Kok

Jika melihat dari beberapa sumber referensi, ada begitu banyak tips yang bisa anda terapkan. Beberapa diantaranya ialah :

1. Melakukan Pemeriksaan Keuangan

Anda perlu menyisikan waktu untuk bisa melihat kondisi keuangan anda secara jelas. Ambil buku serta cobalah menuliskan apa saja yang sudah anda lakukan dengan uang anda.

Tulis daftar pendatapan serta pengeluaran rutin, serta catat kebutuhan yang harus anda penuhi setuap bulannya. Dari sini anda akan memperoleh gambaran, sehingga anda tahu kemana pendapatan anda bocor.

2. Mengenali Sumber Kebocoran

Jika anda lebih rajin dalam mencatat arus kas masuk dan keluar, maka sangatlah mudah untuk mendeteksi sumber kebocoran keuangan anda.

Begitupun sebaliknya, jika anda jarang mencatat aktivitas pemasukan dan pengeluaran keuangan, maka sudah sepatutnya menyisihkan waktu untuk menyelidiki dimana sumber kebocoran yang dimaksud.

Cara penerapannya sangatlah mudah, yakni dengan mencatat rekam jejak keuangan anda selama 3 bulan terakhir. Dengan demikian, anda bisa mereknstruksikan semaunya dari catatan transaksi di saldo rekening.

3. Memangkas Pengeluaran Tidak Perlu

Dengan memangkas pengeluaran yang tidak perlu, bisa membantu anda dalam meningkatkan porsi pendapatan untuk kebutuhan tabungan, cadangan, ataupun proteksi.

Sebagai contoh, anda nyatanya belum memiliki asuransi kesehatan, padahal proteksi kesehatan tersebut sangatlah penting. Akan tetapi, selama ini tidak bisa anda penuhi lantaran penghasilan lebih banyak habis untuk pengeluaran yang tidak penting.

Dalam hal ini, anda bisa melakukan pengecekan ulang terkait dengan pengeluaran yang seharusnya anda singkirkan.

Inti dari beberapa tips sederhana diatas, anda dituntut untuk lebih bijak dalam membelanjakan uang. Sehingga bisa berhemat dan menjadi proteksi pribadi jika di masa depan terjadi suatu hal yang tidak terduga.

Belanjakan uang pada kebutuhan yang memang bersifat konsumtif, seperti kebutuhan pangan, transportasi, pembayaran tagihan, dan yang lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News