oleh

Tips Aman Investasi Reksadana

Kabarin.co.id – Untuk memberikan Tips Aman Investasi Reksadana, kami mencoba untuk mencari referensi yang memang benar serta bisa memberikan hasil lebih maksimal.

Berperan sebagai salah satu instrumen baru serta masih sangat sedikit orang yang memilikinya. Tidak heran muncul pertanyaan apakah investasi di Reksadana itu aman.

Banyak orang yang masih terbayang dengan kerugian investasi bodong yang belakangan sangat marak dan membuat orang merasa skeptis setiap ditawari investasi.

Jika anda tahu, Reksadana sendiri merupakan instrumen resmi, bahkan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dikelola oleh para profesional. Yang jelas, bisa dipastikan bukan penawaran investasi abal-abal.

Jika anda masih ragu dengan beberapa hal yang mungkin membuat anda bimbang. Tentu ada poin-poin yang bisa anda pastikan sebelum memutuskan untuk investasi Reksadana. Apa saja?

Tips Aman Investasi Reksadana

1. Terdaftar Dan Punya Izin OJK

Setiap reksadana diharuskan untuk mempunyai izin, tepatnya ijin yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bahkan pihak pengelola reksadana, yakni manager investasi, juga wajib mempunyai izin.

Sedangkan untuk anda pribadi, perlu memastikan bahwa reksadana yang akan dibeli sudah mempunyai ijin tersebut. Jika tidak ada ijin, maka sebaiknya jangan berinvestasi terlebih dahulu.

Sekedar tambahan referensi, investasi bodong tidak mempunyai ijin otoritas. Sehingga banyak hal yang bisa dikatakan melanggar persyaratan pengelolaan investasi yang sehat.

2. Prospektus Reksadana

Prospekstus merupakan buku manual investasi di Reksadana. Dalam hal ini, anda akan memperoleh semua informasi penting terkait Reksadana. Sebagai contoh ialah manager investasi, kelengkapan izin, kebijakan, biaya, dll.

Terhitung wajib bagi anda untuk membaca Prospektus sebelum berinvestasi. Jika terlambat, masih bisa dimaklumi. Namun jangan sampai anda tidak membacanya.

4. Tujuan Investasi Reksadana

Bisa dipastikan aman atau tidaknya investasi, ditentukan dengan sesuai tidaknya antara jenis yang dipilih dengan apa tujuan keuangan yang bisa dicapai.

Dikarenakan tergiur dengan tingginya kenaikan harga saham, banyak memilih Reksadana dengan tujuan tersebut. Dan secara tiba-tiba, harga saham justru anjlok.

Kesahalan memilih investasi ini akan berbuah kerugian. Hal ini, Reksadana merupakan pasar uang paling aman. Bahkan fluktuasi harha dan risikonya terbilang rendah.

Meski keuntungan yang diperoleh lebih kecil dibanding dengan reksadana saham. Ketika ada kecocokan antara beberapa jenis yang dipilih dengan tujuan atau kapan investasi dibutuhkan. Maka sangat kritikal dalam menentukan besar kecilnya risiko.

4. Laporan Reksadana

Pada setiap bulannya, pihak manager investasi mengirimkan laporan investasi anda di Reksadana. Pada laporan tersebut, tercantum beberapa hal penting seperti : Posisi nilai investasi, pembelian dan penjualan unit reksadana.

Laporan tersebut wajib anda baca serta pastikan bahwa isinya akurat. Hal ini juga sebagai bukti kepemilikan investasi anda.

5. Reksadana Online

Ada beberapa alasan kenapa anda harus memlih reksadana online. Pertama ialah untuk lebih mempermudah pemantauan nilai investasi kapan saja dan dimana saja.

Sedangkan untuk yang keuda, ialah investasi bisa dimulai meski dalam jumlah kecil. Dengan kata lain, hal tersebut bisa mendukung anda untuk membatasi eksposur keuangan di Reksadana.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News