oleh

Tips Aman Tarik Tunai Di ATM

Kabarin.co.id – Dijaman seperti sekarang ini, sudah sangat jarang masyarakat bepergian dengan membawa uang tunai. Pasalnya semua hal sudah dipermudah dengan adanya Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Nah pada saat yang sama, ketika masyarakat membawa uang cash dengan jumlah yang besar, tentu akan berbahaya lantaran ditakutkan terjadi hal yang tidak diduga.

Oleh karena itu, ada baiknya jika menyimpan (menabung) uang di bank, sehingga ketika bepergian, bisa mengambil uang dimana saja dengan mengandalkan ATM.

Nah dalam hal ini, tidak sedikit pula oknum yang memanfaatkan mesin ATM untuk menjalankan aksi pencurian, copet, rampok, dll. Sehingga memerlukan tips supaya lebih aman.

Untuk itu, dibawah ini kami sudah merangkum beberapa tips yang mungkin bisa membantu. Seperti apa? Berikut rincian selengkapnya!

Tips Aman Tarik Tunai Di ATM

Ada beberapa tips yang bisa menjadi langkah antisipasi untuk mencegah hal yang tidak di inginkan ketika mengambil uang di ATM. Beberapa diantaranya mencakup :

1. Mengambil Uang Pada ATM Yang Dijaga Petugas

Untuk mencegah diri anda sebagai target kejahatan, ada baiknya jika mengambil uang pada ATM yang ada penjaganya.

Sebagai salah satu contoh ialah ATM yang terletak pada cabang Bank, atau tempat-tempat yang lebih ramai.

2. Rutin Mengganti PIN

Dengan alasan keamanan, lebih baik jika anda mengganti PIN ATM secara rutin. Hal ini supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Terkadang sebagian orang tidak mengganti PIN lantaran takut lupa. Hal tersebut tentu masih bisa diakali dengan kebiasaan.

3. Mengajak Teman Atau Saudara

Mengajak teman bukan suatu yang buruk ketika hendak tarik tunai di ATM. Dengan demikian, anda merasa lebih aman dan tidak takut di incar oleh oknum jahat.

Teman yang dimaksud bisa anda ajak masuk ke ruang mesin ATM, atau bisa juga dengan menunggu di bagian luar.

4. Tutup Papan PIN

Pada kondisi tertentu, terbilang sangat penting jika anda menutup papan PIN agar tidak dilirik oleh orang. Khususnya pada mesin ATM yang ada di luar ruang (bilik).

Dengan demikian, akan meminimalisir bagi orang untuk mengintip, mencuri, atau mengetahui PIN anda.

5. Simpan Call Center Bank

Menyimpan nomor telepon layanan pelanggan dari bank sangat penting bagi para nasabah. Hal tersebut ditakutkan terjadi hal yang tidak di inginkan.

Jika anda kondisi yang bermasalah, tentu nasabah bisa bertanya langsung pada customer service. Namun dengan nomor yang benar-benar milik bank yang bersangkutan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News