oleh

Tips Berjemur Yang Baik Agar Tubuh Makin Sehat

Kabarin.co.id – Bagaimana Tips Berjemur Yang Baik Agar Tubuh Makin Sehat? Bukan suatu hal yang aneh anda mempertanyakan hal tersebut, pasalnya untuk menjadikan tubuh lebih sehat, perlu waktu sebentar untuk berjemur.

pada saat pagi hari, banyak yang menganggap sebagai waktu yang paling tepat untuk berjemur dibawah sinar matahari. Bahkan pada waktu tersebut juga banyak orang yang yakin bisa memenuhi kekurangan vitamin D secara alami.

Meski begitu, banyak pula ahli kesehatan yang memberikan rekomendasi supaya berjemur dibawah sinar matahari pada siang hari.

Yang menjadi poin pertanyaan adalah, sebenarnya berjemur yang baik itu jam berapa? Sekedar untuk menambah wawasan, cari jawabannya yang lebih lengkap pada artikel berikut ini.

Tips Berjemur Yang Baik Agar Tubuh Makin Sehat

Untuk waktu yang tepat dalam memilih berjemur, World Health Organozation mengelompokkan indeks UV menjadi 1 hingga 10. Dimana 1 merupakan kadar UV paling rendah (jam 09.00-10.00 pagi), dan 10 adalah kadar UV paling tinggi (diatas jam 10.00 pagi).

Padaprinsipnya, ketika indeks UV rendah, maka kadar UV pun rendah sehingga butuh waktu yang lebih lama untuk memperoleh manfaat berjemur dibawah sinar matahari. Khususnya untuk bisa mengoptimalkan tubuh menghasilkan vitamin D.

Nah, ketika sudah paham dengan waktu berjemur yang baik, maka kita pun perlu melakukan beberapa tips supaya berjemur lebiha aman dan nyaman. Apa saja?

  1. Pergunakan lotion sebagai pelindung kulit dari sengatan sinar matahari. Dianjurkan untuk menggunakan lotion yang mempunyai kandungan SPF 30 atau diatasnya pada permukaan kulit. Penting untuk menghindari penggunaan apda area mata .
  2. Oleskan lotion SPF antara 15 menit sebelum anda berjemur dibawah sinar matahari. Kondisi ini bertujuan supaya tersebut cukup waktu bagi kulit untuk menyerap lotion, sehingga bekerja lebih efektif.
  3. Akan lebih baik mencari tempatyang baik dan nyaman, dengan tujuan supaya anda bisa menggunakan pakaian yang tidak terlalu tertutup. Sehingga asupan sinar matahari yang mengenai langsung pada kulit lebih merata.
  4. Ketika sedang berjemur dibawah sinar matahari, anda tidak diharuskan untuk berdiam diri. Coba lakukan pula aktivitas yang lain, seperti jalan santai atau membaca buku pada area terbuka, menyiram bunga, mencuci kendaraan, berkebun, menyapu halaman rumah, atau aktivitas umum lainnya.
  5. Cukupi asupan air putih jika anda menghabiskan lebih banyak waktu berada dibawah terik sinar matahari. Tujuannya supaya tubuh tidak kering atau kekurangan cairan.
  6. Istirahatkan tubuh atau menyudahiberjemur apabila kulit sudah mulai terasa panas. Memang berjemur dibawah sinar matahari bisa memberikan manfaat, namun jika berlebih bisa membuat kulit terbakar.

Selain beberapa hal diatas, anda juga harus berpikiran bahwa bukan vitamin D saja yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga patut pula melakukan perawatan pada kulit.

Untuk terhindar dari kerusakan, atau beberapa hal lain yang membuat kulit pada tubuh menjadi tidak sehat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News