oleh

Tips Budidaya Tanaman Genjer Hidroponik

Kabarin.co.id – Pada dasarnya, sudah banyak blog atau web yang berbagi mengenai Tips Budidaya Tanaman Genjer Hidroponik. Akan tetapi, tidak kesemuanya memberikan penjelasan yang lengkap.

Oleh karena itu, disini kami akan mencoba berbagi tips serupa. Siapa tahu ada orang yang butuh, atau bahkan ingin langsung mempraktekkannya di rumah.

Jika melihat beberapa sumber referensi, sistem yang diterapkan pada tanaman genjer hidroponik sangatlah mudah. Apalagi didukung dengan banyaknya informasi di internet.

Umum diketahui, genjer merupakan tanaman sejenis sayur yang habitat hidupnya di rawa-rawa atau air. Bisa tumbuh liar namun bisa pula dibudidayakan untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari.

Jika dialam liar, genjer bisa tumbuh mulai dari 20 hingga 50 cm. Akan tetapi juga tergantung dengan habitat hidup dari tumbuhnya genjer tersebut.

Tips Budidaya Tanaman Genjer Hidroponik

Untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari, genjer menyimpan begitu banyak manfaat. Mayoritas masyarakat di Indonesia memanfaatkan genjer sebagai bahan pangan alternatif yang sering dimasak sebagai campuran pecel atau rujak.

Hal ini dikarenakan daun muda, tangkai, sekaligus daun dari genjer, bisa dikonsumsi layaknya jenis sayur yang lain. Meski rasa yang didapat terbilang hambar, akan tetapi genjer tetap jadi favorit jika dipadukan jenis bumbu yang tepat.

Pertanyaannya, bagaimana cara budidaya genjer dengan sistem hidroponik? Informasi yang kami tulis dibawah ini merupakan rangkum dari beberapa sumber.

Dalam hal ini, genjer menyukai dan bisa tumbuh baik pada area yang terpapar sinar matahari secara langsung. Intinya, genjer akan tumbuh baik pada area yang penuh cahaya.

Sampai pada poin ini, tentunya genjer pun bisa di budidayakan di kolam atau secara hidroponik. Bahkan bisa diperbanyak dengan sistem stek dan sistem penanaman kembali benih.

Poin yang menjadi kelebihan dari genjer ialah perawatan yang sederhana. Bahkan masa tanam hingga masa panen terbilang singkat, yaitu sekitar 60 hingga 90 hari.

Cara Menanam Genjer Hidroponik

Tidak berbeda dengan langkah atau cara menanam hidroponik pada umumnya, budidaya genjer pun tidaklah sulit untuk diterapkan.

Pasalnya anda hanya perlu memanfaatkan media yang minimalis, dan lebih fokus pada pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan.

Pada poin ini, anda bisa memanfaatkan sejumlah barang bekas seperti paralon, ember, serta beberapa media yang mampu menampung air. Agar yang yang diperoleh lebih ringkas, disarankan untuk menggunakan paralon bekas.

Alasan Kenapa Harus Mencoba Budidaya Genjer

Seiring zaman yang semakin berkembang, tidak sedikit orang yang suka dengan makanan praktis. Tidak terkecuali juga media tanam yang semakin diminimalisir karena terkendala lahan.

Terlepas dari itu, genjer juga bisa menjadi bahan pangan yang lazim dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dengan sistem budidaya yang tepat, maka bisa memperoleh hasil maksimal, bahkan bisa mendatangkan pundi-pundi uang.

Dikarenakan genjer minim perawatan, maka biaya yang anda keluarkan pun sangatlah nipis. Bisa jadi anda tidak mengeluarkan biaya sedikit pun alias gratis. Minat untuk mencoba?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News