oleh

Tips Dari OJK Untuk Dapat Keringanan Kredit

Kabarin.co.id, Jakarta – Akhir-akhir ini, kalangan publik hebih dengan bisa tidaknya memperoleh keringanan angsuran dari bank atau pihak leasing.

Pasalnya, kondisi tersebut terkesan mudah, namun pada kenyataannya tidak semua orang bisa memperoleh keringanan.

Dalam hal ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan keringanan pada beberapa debitur bank dan perusahaan pembiayaan yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

Lembaga selaku wasit industri keuangan di Indonesia tersebut, memberikan panduan untuk nasabah yang ingin mengajukan relaksasi cicilan.

Untuk poin pertama, debitur tidak harus datang ke bank atau perusahaan pembiayaan.

“Tunggu dan ikuti pengumuman yang akan disampaikan bank atau leasing melalui website atau call center resmi,” tutur juru bicara OJK, Sekar Putih Djarot dari keterangannya (28/3/20).

Dari sisi prioritas debitur yang ingin memperoleh keringanan ialah yang memenuhi beberapa syarat, seperti debitur terkena dampak Covid-19 dengan nilai kredit dibawah Rp 10 miliar.

Selanjutnya, keringanan bisa diberikan pada periode maksimal 1 tahun dalam bentuk penyesuaian pembayaran cicilan pokok atau bunga, perpanjangan waktu atau hal lain yang sudah ditetapkan oleh bank atau leasing.

“Jika dilakukan secara kolektif misalkan melalui perusahaan, maka direksi wajib memvalidasi data yang diberikan kepada bank atau leas ing,” kata Sekar.

Dalam hal ini, para debitur juga diminta untuk selalu mengikuti informasi resmi dari bank atau leasing. Serta tidak mudah percaya dengan kabar yang bersifat hoax, dan juga melaporkan ke bank atau leasing jika ada pihak yang melakukan teror yang tidak sesuai ketentuan.

“Keringanan kredit atau pembiayaan ini ini dilakukan dengan penuh tanggungjawab oleh para pihak baik debitur dan bank maupun leasing,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News