oleh

Tips Efektif Mengikuti Perkuliahan Daring

Kabarin.co.id – Seperti apa Tips Efektif Mengikuti Perkuliahan Daring? Saat Indonesia dilanda pandemi Covid-19 yang saat ini belum reda, pemerintah pun memberikan himbauan untuk melakukan social distancing.

Kondisi yang demikian, menjadikan beberapa kegiatan yang kita lakukan harus dikerjakan dari rumah. Namun tidak berarti seluruh kegiatan yang bisa terbengkalai, sebab banyak alternatif yang bisa kita manfaatkan.

Nah, selama masa social distancing seperti sekarang, semua keguatan perkuliahan pun juga dilakukan dari dalam rumah.

Akan tetapi, mungkin masih banyak orang yang masih suka bosen dan malas untuk mengerjakannya. Nah, bagaimana cara mengatasi kondisi yang demikian? Berikut tips agar lebih efektif selama melakukan kuliah online.

Tips Efektif Mengikuti Perkuliahan Daring

1. Buat Reminder jadwal Kuliah Online

Menjalani perkuliahan dari rumah, tidak berarti anda bisa melupakan kewajiban sebagai mahasiswa. Dalam hal ini, anda harus ingat dan mencatat jadwal perkuliahan online yang telah diberikan oleh dosen.

Umumnya, setiap perkuliahan online selalu diberikan absensi supaya dosen bisa mengecek kehadiran anda dalam perkuliahan online tersebut.

Jadi, jangan terlalu menganggap sepele. Sebab bisa saja anda memperoleh teguran jika terlalu menganggap remeh hal tersebut.

2. Lebih Disiplin Mengumpulkan Tugas

Terlepas dari pengecekan jadwal mata kuliah daring, anda juga harus mencatat jadwal pengumpulan tugas yang diberikan oleh dosen.

Biasanya, saat anda melakukan sistem online, harus lebih tepat waktu dalam mengumpulkan tugas tersebut. Sebab semua sistem tercatat secara daring dan tidak ada toleransi jia telat mengumpulkan tugas.

3. Catat Beberapa Hal Penting Tentang Materi Kuliah

Selain beberapa poin diatas, anda juga wajib mencatat semua hal penting yang terkait dengan materi perkuliahan. Sehingga meski kuliah tersebut diadakan menggunakan sistem online, namunmasih bisa memperoleh poin yang dimaksud ketika penyampaian materai online tersebut.

4. Menyimak Dengan Baik Materi Kuliah

Dengan berada dirumah, tidak berarti anda bisa seenaknya dalam melakukan perkuliahan. Anda harus lebih semangat dan menyimak dengan baik semua materi yang diberikan oleh dosen.

Terlepas dari itu, anda juga harus bisa meningkatkan konsentrasi supaya materi kuliah yang disampaikan bisa berjalan secara efektif.

5. Mencari Ruangan Yang Lebih Nyaman

Tujuan dari tips ini ialah untuk memaksimalkan rasa nyaman, sehingga tingkat konsentrasi lebih tinggi. Sebab yang namanya mengerjakan tugas dari rumah, maka mungkin lebih susah memperoleh konsentrasi saat melakukan kuliah online.

Oleh karena itu, cobalah anda cari lokasi / tempat yang paling nyaman didalam rumah. Sehingga nantinya bisa mempermudah untuk konsentrasi dalam menjalani kuliah.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga anda bisa menjalani masa kuliah online dengan maksimal dan tentunya lebih konsentrasi dalam beberapa hal. Termasuk juga dalam menerima materi dan menjalankan tugas dari dosen.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News