oleh

Tips Lakukan Pumping Untuk Ibu Pekerja

Kabarin.co.id – Proses menyusui atau memberikan ASI secara Eksklusif pada anak berusia 0 hingga 6 bulan memang penting dilakukan.

Sebab ASI merupakan kebutuhan nutrisi dan merupakan asupan makanan utama bagi si bayi tersebut. Fungsinya ialah untuk menunjang tumbuh kembang anak.

Dalam hal ini, tidak sedikit bayi yang tidak bisa menikmati asi eksklusif selama 6 bulan. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor.

Seperti halnya ASI sudah tidak bisa keluar sebelum 6 bulan, serta karena kesibukan sang ibu yang dituntut untuk bekerja di kantor.

Dan pada saat bekerja tersebut, pada dasarnya ibu bisa memberikan ASI Eksklusif untuk si kecil. Salah satunya bisa dilakukan dengan istilah pumping.

Untuk itu, berikut tips yang bisa ibu lakukan untuk pumping, bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun selagi sempat.

Terpenting, informasikan terlebih dahulu pada atasan jika ibu mungkin memerlukan waktu untuk melakukan pumping.

Akan lebih baik, jika kondisi tersebut dibicarakan ketika masih jauh hari sebelum memasuki masa kelahiran. Atau paling tidak sebelum ibu mengambil cuti untuk melahirkan.

1. Mengenakan Pakaian Yang Nyaman

Usahakan ibu mengenaakan pakaian yang mudah untuk dibuka, sehingga ketika hendak melakukan pumping, maka tidak ribet atau terkendala.

2. Konsisten Dengan Jadwal Pumping ASI

Menjalani kesibukan, ada kemungkinan ibu berpikir bahwa lebih penting menyelesaikan pekerjaan dibanding dengan pumping.

Pikiran tersebut salah, dan usahakan berhenti kerja jika memang sudah waktunya. Atur jadwal rutin supaya kualitas ASI yang diperoleh lebih maksimal.

3. Simpan Di Lemari Pendingin

ASI tidak akan rusak ketika disimpan pada lokasi yang tepat. Paling tidak ibu harus memperhatikan suhu dilemari pendingin, antara 19 hingga 26 derajat celcius.

4. Membersihkan Peralatan

Setelah melakukan pumping, maka jangan lupa untuk membersihkan peralatan yang digunakan. Tujuannya supaya alat tersebut lebih steril.

Pilih juga botol ASI yang mudah untuk dibersihkan, dan jangan lupa untuk menggunakan sikat khusus mencuci botol susu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News