oleh

Tips Memasak Ikan Patin Agar Tidak Bau Lumpur

Kabarin.co.id – Artikel kali ini kami akan berbagi mengenai Tips Memasak Ikan Patin Agar Tidak Bau Lumpur. bagi yang suka masak, sangat pas mencoba tutorial sederhana ini.

Seperti yang kita ketahui, mengolah ikan menjadi tantangan yang unik untuk dunia memasak. Mulai dari cara memilih ikan yang segar, hingga tata cara memasaknya.

Mmepunyai habitat hidup yang berbeda, tentu berbeda pula rasa ikan yang diperoleh. Ikan yang berasal dari laut, mempunyai rasa yang cenderung bau amis lebih pekat dibanding dengan air tawar.

Akan tetapi, kondisi tersebut bukan berarti jika ikan air tawar tidak mempunyai bau, apalagi bola ikan tersebut masih baru diangkat dari kolam ataupun habitat aslinya. Secara umum, ikan air tawar masih mempunyai bau khas, yakni berbau tanah.

Untuk melakukan antisipasi mengenai bau tanah tersebut, cara terbaik yang bisa dilakukan ialah dengan segera mencuci ikan saat ingin memasaknya. Kondisi tersebut bertujuan supaya ikan tetap dalam keadaan segar.

Tips Memasak Ikan Patin Agar Tidak Bau Lumpur

Kembali pada poin seperti yang tertera pada judul, bau tanah pada daging ikan umumnya tercium pada jenis ikan mujair, gurame, ikan mas, dan juga ikan patin.

Bau lumpur ini berasal dari bakteri dan plankton yang ada dalam kolam tempat pengembang biakan ikan tersebut, khususnya dikarenakan pemberian pakan yang berlebihan.

Sehingga pada akhirnya, bakteri dan plankton tersebut bisa berkembang dengan baik, namun bisa juga dikarenakan kondisi kolam yang memang jarang dibersihkan.

Pertanyaannya, bagaimana cara menghilangkan bau tanah pada ikan? Berikut beberapa tips yang bisa digunakan :

  • Pertama, bersihkan terlebih dahulu ikan seperti biasanya, lebih baik dengan air mengalir.
  • Jangan lupa untuk membersihkan bagian insang, dan sisik hingga tidak ada kotoran yang tersisa.
  • Beri sayatan tipis pada bagian tubuh ikan pada kedua sisi.
  • Rendam ikan dengan air yang sudah dicampur dengan perasan jeruk nipis atau lemon.
  • Diamkan sekitar 30 menit, dan bilas sebelum ikan di goreng (dimasak).

Terlepas dari cara sederhana diatas, adapula tips yang mungkin bisa dijadikan alternatif :

  1. Lumuri ikan yang sudah dicuci bersih dengan bumbu yang mempunyai aroma cukup kuat. Seperti halnya bumbu kuning, atau sejenisnya.
  2. Cuci bagian ikan dengan menggunakan garam, usahakan menyapu semua bagian yang ada pada ikan. Dan bilas dengan air mengalir.

Ketika sudah menerapkan beberapa cara diatas, tentu langkah berikutnya ialah menuju proses pemasakan. Bisa digoreng, dibakar, atau dimasak sesuai selera.

Tambahan tips dari berbagai chef rumahan, sebenarnya memasak ikan dengan cara menggoreng atau membakarnya, sudah bisa menghilangkan bau tanah dengan sendirinya.

Namun untuk hasil yang lebih maksimal, bisa dipadukan dengan bumbu khas penguat aroma dan rasa. Seperti halnya pedas manis, atau bumbu yang dipadukan dengan jahe, sereh, kunyit, lada, dan sejenisnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News