oleh

Tips Membuat Nastar Agar Tidak Retak

Kabarin.co.id – Bagaimana Tips Membuat Nastar Agar Tidak Retak? Berikut ini kami menyiapkan resep yang bisa anda ikuti. Seperti apa? Simak artikel hingga tuntas.

Tidak sedikit orang yang mencari referensi supaya kue nastar buatan mereka tidak retak. Meski rasa menjadi poin utama yang paling penting, namun tampilan luar juga menjadi daya tarik tersendiri dari kue tersebut.

Pasalnya, semua berawal dari tampilan sehingga pada akhirnya akan membuat orang tertarik untuk mencoba kue buatan kita dirumah. Kondisi tersebut tidak jauh dari istilah dari mata turun ke hati.

Dengan tips ini, nantinya nastar yang dihidangkan dirumah tampak lebih bulat dan harus dalam bentuk sempurna disertai polesan kuning telur yang rata dan mengkilap tanpa retak.

Dengan kata lain, tampilan nastar yang bulat dan mengkilap tidak retak, baru bisa dicap sebagai nastar yang pembuatannya sukses.

Tips Membuat Nastar Agar Tidak Retak

Sebelum beranjak pada tips pembuatan, alangkah baiknya jika anda juga tahu tentang kesalahan yang menyebabkan kue nastar menjadi retak.

Dalam hal ini, tidak sedikit ibu rumah tangga yang mengaku kesulitan membuat permukaan nastar yang mulus. Sehingga nastar kering retak dan sangat berimbas pada penampilan yang juga tampak kurang bagus.

Pada dasarnya, retakan ini berasal dari kesalahan yang kita lakukan sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa poin penyebab yang umum dilakukan :

  • Nastar sudah diolesi kuning telur saat di oven.
  • Jika adonan terlalu lembek (perbandingan tepung dan mentega kurang tepat), maka kue akan melebar saat dioven dan permukaannya menjadi pecah. Oleh karena itu, perbandingan bahan haruslah tepat dan cari resep yang memang benar dan akurat.
  • Selai terlalu lembek atau isian nastar terlalu basah, sehingga akan meletup dan menjadikan kue pecah.

Tips Membuat Kue Nastar Cantik, Mengkilap Dan Tidak Retak

  1. Nastar merupakan kue kering yang mengembang ketika dioven, maka dari itu permukaan nastar pasti akan mengalami retakan. Jadi, usahakan meng-oven nastar dalam keadaan belum dipoles dengan kuning telur. Panggang nastar hingga setengah matang, baru setelah mengembang semua (sudah retak), bisa dipoles dengan kuning telur. Poin ini, kuning telur akan menutupi retakan, sehingga nastar akan tampak lebih mulus.
  2. Isi selai / isian yang lebih kering atau tidak berair, setelah selai selesai dimasak, tiriskan terlebih dahulu di atas saringan.
  3. Oleskan kuning telur dengan kuas yang lembut, jangan gunakan alat runci agar tidak merontokkan kulit kue.
  4. Untuk hasil lebih optimal olesi nastar dua kali agar warna mengkilap menjadi semakin menarik. Sebelumnya, anda bisa mengolesi satu loyang terlebih dahulu, selanjutnya oles dari awal lagi.
  5. Usahakan mengolesi nastar hingga pada bagian yang menempel pada bagian loyang, agar kuning telur merata serta tidak belang. Selanjutnya, oven kembali nastar hingga matang.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Silahkan langsung praktek.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News