oleh

Tips Mengatasi Memori Ponsel Penuh

Kabarin.co.id – Berikut kami akan merangkum tentang Tips Mengatasi Memori Ponsel Penuh. Simak dengan baik agar masalah penyimpanan full bisa teratasi.

Tidak sedikit pengguna ponsel yang terkadang tidak sadar jika memori internal mereka penuh. Padahal file yang disimpan tidaklah terlalu banyak.

Dalam hal ini, memori menjadi penuh disebabkan oleh berbagai faktor. Seperti halnya file cache yang jarang dibersihkan. Contoh sederhananya ialah beberapa file video, dokumen, atau file lain yang tanpa sadar diunduh secara otomatis, atau kondisi ponsel yang terlalu banyak menginstall aplikasi.

Tips Mengatasi Memori Ponsel Penuh

Untuk bisa mengatasi masalah ruang penyimpanan HP yang penuh, anda bisa melakukan beberapa poin berikut ini :

1. Hapus Cache Aplikasi

Perlu diketahui, cache merupakan sampah sistem yang tersimpan pada saat menggunakan aplikasi. Apabila suatu aplikasi dibuka, maka aplikasi tersebut akan menyimpan data tertentu. Kondidi ini yang disebut dengan cache.

Umumnya, file cache yang tersimpan mempunyai ukuran yang relatif besar. Bahkan hingga ratusan MB hanya untuk satu aplikasi.

Apalagi, file cache tidak tampak di memori internal, sehingga terbilang susah untuk menghapusnya. Cara mengatasi masalah ini bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Masuk pada menu pengaturan dan pilih penyimpanan. Selanjutnya, pilih data dalam cache dan klik logo tempat sampah untuk menghapus otomatis.
  • Bisa pula dengan masuk pada Setting dan pilih menu Aplikasi. Kemudian pilih aplikasi apa saja yang mempunyai ukuran besar, ketuk untuk menghapus cache.

2. Gunakan Aplikasi Pembersih Cache

Fungsi dari aplikasi cleaner ialah untuk mengoptimalkan kinerja smartphone. Entah itu dari sisi kinerja ataupun penggunaan data, tidak terkecuali untuk penghapusan cache.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, maka penghapusan cache bisa dilakukan secara otomatis, sehingga tidak ada langkah lebih lanjut yang harus dilakukan secara manual.

Pasang aplikasi pembersih dari Playstore atau App Store.Penggunaan aplikasi ini sangat praktis dan lebih efisien.

3. Cek Data Aplikasi Perpesanan

Pada aplikasi perpesanan, secara tidak sadar menyimpan beberapa file berupa foto, video, dokumen, dan yang lainnya. File ini bisa saja terunduh secara otomatis dan tidak disadari keberadaannya.

Jika dibiarkan secara terus-menerus, file tersebut akan semakin menumpuk dan ukurannya pun semakin besar. Maka dari itu, disarankan untuk memeriksa beberapa data aplikasi perpesanan.

Langkahnya ialah masuk pada file manager, dan cari folder aplikasi yang akan dihapus. Bersihkan beberapa file yang tidak dibutuhkan.

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Umumnya, orang lebih sering menginstall aplikasi dibanding dengan menghapus penginstalan. Padahal dalam pengaturan default, aplikasi tersebut di install pada memori internal.

Jika memang aplikasi sudah tidak dibutuhkan lagi, akan lebih baik jika segera dihapus. Seperti halnya game, editur, dan yang lainnya.

5. Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Langkah pada poin lima ini, merupakan cara terakhir jika anda malas untuk menghapus data aplikasi satu-persatu. Sehingga secara keseluruhan aplikasi yang ada pada ponsel, akan kembali seperti baru.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News