oleh

Tips Mengatur Keuangan Saat Lebaran

Kabarin.co.id – Penerapan Tips Mengatur Keuangan Saat Lebaran, saat ini sudah banyak beredar di berbagai media. Termasuk juga sosial media, berita, dan sejenisnya.

Secara umum, lebaran menjadi momen yang sangat menggembirakan bagi umat muslim. Sehingga berbagai hal terkait hari raya tersebut, perlu dipersiapkan secara matang.

Dalam hal ini, tidak sedikit orang yang bertanya apakah sudah melakukan antisipasi terkait keuangan disaat waktu sudah hampir memasuki lebaran?

Biasanya, pada momen lebaran menjadikan pengeluaran semakin bengkak. Sehingga ketika semua tidak diatur, maka tidak mustahil akan berantakan. Bahkan akan kesulitan memperoleh uang.

Sebab, kebutuhan belanja lebaran terkadang berada di luar dugaan. Yang pada akhirnya, keuangan tidak maksimal, bisa jadi persiapan tabungan menjadi kurang.

Tips Mengatur Keuangan Saat Lebaran

Nah, supaya anda tidak boros dan menguras tabungan, maka akan lebih baik jika menghitung semua kebutuhan. Khususnya pada beberapa biaya yang akan dikeluarkan saat lebaran.

Pada poin ini, setidaknya anda harus mempunyai strategi dalam mengelola, mengatur, dan juga memaksimalkan keuangan keluarga. Berikut cara yang bisa diikuti :

1. Jangan Belanja Berlebihan

Sudah semestinya jika anda lebih mawas diri ketika dihadapkan dengan belanja yang dirasa kurang diperlukan. Sebab akan lebih baik jika lebih fokus pada kebutuhan saja.

Mungkin ada berbagai sale atau potongan harga yang menarik, namun patut anda ketahui bahwa kondisi tersebut hanya ada di angan-angan saja.

Cukup beli kebutuhan yang benar-benar diperlukan. Tips sederhananya ialah dengan mencatat terlebih dahulu barang-barang yang menjadi target belanja.

2. Usahakan Punya Tabungan

Tidak bisa dipungkiri jika momen lebaran sangat lekat dengan perayaan yang memerlukan dana tidak sedikit. Akan tetapi, anda jangan menghabiskan semua uang untuk membeli kebutuhan.

Perlu di ingat, hidup masih berlanjut dan mungkin saja memerlukan dana darurat yang kemudian hari bisa dibutuhkan setelah lebaran.

3. Belanjakan THR Dengan Bijak

Bagi anda yang memperoleh Tunjangan Hari Raya (THR), pergunakanlah sebijak mungkin. Dijelaskan oleh konsultan keuangan, Farah Dini dari janus.id, THR tidak boleh terbuang percuma.

Gunakan THR untuk hal yang penting, seperti halnya bayar zakat. Sedangkan untuk orang yang mempunyai asisten rumah tangga, bayarlah THR mereka, kemudian sisanya bisa dipakai untuk belanja kebutuhan lebaran.

4. Atur Anggaran Untuk Mudik

Mudik atau pulang kampung umumnya memerlukan begitu banyak biaya. Hal tersebut dikarenakan perlu rencana matang, khususnya bagi anda yang menggunakan transportasi umum.

Akan lebih baik jika perjalanan mudik mempunyai anggaran tersendiri, sehingga ketika masanya tiba anda tidak akan bingung mencari tambahan biaya.

Beberapa hal yang menjadi masalah umum mencakup pembelian tiket, biaya makan dan obat-obatan, serta beberapa kebutuhan lain yang mungkin diluar dugaan.

Perlu juga upaya persiapan uang tunai secukupnya. Selain sebagai rem untuk mencegah membeli barang yang tidak dibutuhkan, pastinya untuk mencegah beberapa hal seperti kecopetan, dan sejenisnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News