oleh

Tips Merawat Helm Agar Tidak Cepat Rusak

Kabarin.co.id, Jakarta – Helm merupakan elemen penting yang menunjang sistem keamanan ketika berkendara roda dua.

Dalam hal ini, helm terbuat dari bahan yang cukup kuat dan mampu melindungi kepala dari pengendara motor.

Akan tetapi, meski terbilang cukup kuat, helm pun juga tetap harus dirawat supaya kekuatannya bertahan lebih lama.

Kasim Tan yang merupakan anggota dari Komunitas Belajar Helm, memberikan penjelasan terkait dengan cara merawat sebuah helm.

Ia menilai, pemilik helm harus menjunjung tinggi kebersihan dari helm tersebut. Bahkan untuk menerapkannya pun sangat mudah.

“Merawat bagian luar helm cukup dibersihkan menggunakan cleaner. Setelah itu dilap dengan kain microfiber. Kalau untuk membersihkan bagian dalam seperti busanya, itu dianjurkan dicuci seminggu sekali menggunakan sabun bayi,” ungkap Kasim beberapa waktu lalu.

Terlepas dari itu, Kasim pun memberi sedikit saran untuk langkah merawat helm yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Caranya sangat sederhana, lantaran si pemilik hanya harus memperhatikan peletakan helm ketika baru digunakan.

“Setelah menggunakan helm, helm itu kan ada uap panasnya. Nah helm jangan langsung ditaruh seperti biasa, tetapi taruhnya dengan dibalik. Ini agar uap panas di dalam helm keluar, kalau diposisi biasa kan uap panasnya terjebak di dalam. Jadi itu yang bisa cepat merusak busa-busa di dalamnya,” terang Kasim.

Ia menilai, untuk mengeluarkan uap panas dari dari helm ketika habis digunakan, hanya perlu sekitar 2 hingga 3 jam. Selanjutnya helm ditaruh pada tempat yang bersih, kering, dan bukan lokasi yang lembab.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News