Top Biden! AS Pulihkan Bantuan ke Palestina Rp 3,4 T – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bakal memulihkan bantuan kepada Palestina sebesar US$ 235 juta atau Rp 3,4 triliun (asumsi Rp 14.500/US$). Sebelumnya, bantuan ini dihentikan di era Donald Trump,

Biden pun menegaskan akan mendukung solusi dua negara dalam penyelesaian krisis Palestina dengan Israel. Ia menyatakan ini dalam panggilan telepon dengan Raja Yordania Abdullah II, sekutu lama AS.

“Bantuan luar negeri AS untuk rakyat Palestina melayani kepentingan dan nilai penting AS,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP, Kamis (8/4/2021).

“Ini memberikan bantuan kritis kepada mereka yang sangat membutuhkan, mendorong pembangunan ekonomi dan mendukung pemahaman Israel-Palestina, koordinasi keamanan dan stabilitas.”

Secara rinci, AS akan menyumbang US$ 150 juta (Rp 2,1 triliun) kepada Palestina melalui badan PBB UNRWA. Paman Sam juga menawarkan US$ 75 juta (Rp 1 triliun) dalam bantuan ekonomi dan pembangunan untuk Tepi Barat dan Gaza.

AS juga akan memberi US$ 10 juta (Rp 145 miliar) untuk upaya pembangunan perdamaian. Dana tersebut merupakan tambahan dari US$ 15 juta (Rp 218 miliar) yang sebelumnya diumumkan oleh AS dalam bantuan Covid kepada Palestina.

Sebelumnya, bantuan AS kepada Palestina diputus Trump tahun 2018. Presiden ke-45 AS itu dianggap sangat pro-Israel.

UNRWA sangat mengandalkan AS sebagai donor utamanya. Badan tersebut mengatakan kebutuhannya telah meningkat karena Covid.

UNRWA mengatakan bahwa mereka memasuki tahun 2021 dengan kewajiban US$ 75 juta (Rp 1 triliun) dari tahun keuangan terakhir. Defisit tahunan diharapkan mencapai US$ 200 juta (Rp 2,9 triliun) pada tahun berjalan.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan