oleh

Trump : Pasukan AS Berhasil Bunuh Pengganti Al-Baghdadi

Kabarin.co.id, Washington – Donald Trump selaku presiden Amerika Serikat (AS), menyebut bahwa pasukan AS berhasil membunuh tokoh yang dinilai sebagai pengganti posisi Abu Bakar al-Baghdadi, sebagai pemimpin ISIS. Sedangkan al-Baghdadi terkonfirmasi tewas pada operasi militer AS di Suriah Minggu lalu.

“Baru saja terkonfirmasi pengganti nomor satu Abu Bakar al-Baghdadi telah dibunuh oleh pasukan Amerika. Kemungkinan besar akan mengambil posisi teratas. Sekarang dia juga tewas,” ucap Trump melalui akun Twitter pribadinya, Selasa (29/10/2019).

Dalam hal ini, Trump tidak mengungkap identitas dari tokoh yang dimaksud mempunyai potensi untuk menggantikan al-Baghdadi tersebut. Namun pada Minggu lalu, Trump mengeluarkan pengumuman bahwa al-Baghdadi sudah tewas ketika militer AS menggelar operasi di Barisha, Suriah.

Trump menilai, al-Baghdadi terjebak pada sebuah terowongan bersama dengan tiga anaknya. Sebelum ditangkap, al-Baghdadi meledakkan bom rompi yang dipakai. Namun AS tidak merilis foto mayat pemimpin ISIS tersebut.

Sedangkan dari beberapa sumber di Pentagon, menyebut bahwa jasad al-Baghdadi sudah dibuang ke lalut. Tidak lama pasca Baghdadi tewas, Pasukan Demokratik Suriah (SDF), atau sebuah aliansi pimpinan Kurdi yang selama ini menjadi skutu dari AS untuk memerangi ISIS, mengeluarkan laporan bahwa mereka berhasil membunuh juru bicara ISIS, Abu Hassan al-Muhajir.

“Al-Muhajir, tangan kanan Baghdadi dan juru bicara ISIS, menjadi sasaran di desa Ain al-Baydah dekat Jarablus, dalam operasi terkoordinasi antara intelijen SDF dan tentara AS,” tulis kepala SDF Mazloum Abdi melalui akun Twitter pribadinya, seperti dikutip dari laman Aljazirah, Senin (28/10/2019).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News