oleh

Trump : Saya Tidak Berpihak Pada Siapapun Di Suriah

Kabarin.co.id, Washington – Donald Trump selaku Presiden Amerika Serikat (AS) menyebut bahwa AS tidak berpihak pada siapapun di Suriah. Hal tersebut merupakan bentuk pembelaan Trump pada keputusannya untuk menarik mundur pasukan dari Suriah.

“Saya tidak berpihak pada siapa pun. Kami sudah berada di Suriah selama bertahun-tahun. Suriah seharusnya menjadi sasaran jangka pendek. Kami seharusnya masuk dan keluar,” ucap Trump pada sebuah pernyataan.

Seperti dilansir dari Anadolu Agency pada Selasa (8/9/2019), Trump juga mengatakan bahwa ia mempunyai hubungan yang dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Sedangkan untuk sebelumnya, keputusan Trump untuk menarik pasukan AS dari Suriah, tepatnya menjelang operasi militer Turki dikecam oleh para politisi Parlemen dari Demokrat dan Republik. Keputusan tersebut dianggap berbahaya serta merupakan bentuk penghianatan Amerika pada sekutunya, Kurdi.

“Keputusan presiden untuk menarik pasukan AS dari Suriah utara adalah perkembangan yang sangat mengganggu yang mengkhianati sekutu Kurdi kami yang telah menjadi mitra penting dalam misi kami untuk memberantas ISIS,” kecam Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS, Nancy Pelosi.

“Terlepas dari apa yang mungkin dikatakan oleh presiden, ISIS tetap merupakan ancaman serius. Keputusan sembrono dan keliru ini melemahkan upaya para anggota layanan kami yang berani dan sekutu kami untuk mengakhiri tirani ISIS,” imbuhnya.

Bahkan, Senator Lindsey Graham yang beberapa tahun terakhir menjadi pendukung Trump, juga ikut mengecam keputusan Trump tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News