oleh

Turki Akan Segera Aktifkan Sistem Rudal S-400 Rusia Jika Telah Tiba

Kabarin.co.id, Ankara – Menurut yang diberitakan, Turki tidak akan buang-buang waktu dengan segera mengaktifkan sistem pertahanan rudal S-400 yang sudah mereka beli dari Rusia ketika sudah tiba. Jika sesuai rencana, senjata pertahanan canggih tersebut akan dikerahkan di Ankara.

Hal tersebut diumumkan oleh Juru Bicara Presiden Recep Tayyip Erdogan, Ibrahim Kalin pada hari Kami kemarin. “Pekerjaan sedang dilakukan untuk menentukan posisi masa depannya,” ucapnya.

“S-400 bukan sistem pertahanan yang dapat menimbulkan ancaman dalam sistem keamanan NATO kami,” papar Kalin, menurut yang dilansir dari Daily Sabah, Jumat (5/7/2019).

Seperti yang diketahui, keputusan Turki untuk membeli sistem pertahanan buatan Rusia menjadi salah satu pemicu dari ketegangan Ankara dengan sekutu NATO-nya, Amerika Serikat (AS). Pasalnya Washington mempunyai pendapat bahwa siste pertahanan Rusia tersebut akan membahayakan sistem keamanan NATO, tepatnya untuk jet tempur siluman F-35.

Akan tetapi, ketegangan mulai melunak pasca pertemuan Erdogan dan Presiden AS, Donald Trump pada sela-sela KTT G-20 di Osaka Jepang pekan lalu. Dalam hal ini Trump menyalahkan mantan Presiden, Barack Obama terkait ketegangan AS dan Turki mengenai kisruh pembelian S-400 Rusia dan jet tempur F-35.

Trump menyebut bahwa masalah yang terjadi bukan kesalahan Erdogan, akan tetapi hal tersebut bermula pada saat pemerintahan Obama yang tidak mengizinkan Ankara untuk membeli sistem rudal Patriot. Pasalnya, pada tahun 2017 Turki mulai melakukan upaya pembelian sistem rudal S-400 Rusia. Hal tersebut pasca berlarut-larut melakukan upaya untuk pembelian sistem pertahanan udara dari Washington tidak memperoleh hasil.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News