Untuk menghilangkan bau mulut, 4 bahan rumahan ini bisa diandalkan

  • Bagikan
4 Ciri-ciri asam lambung rendah, jangan Anda abaikan

KABARIN.CO.ID – JAKARTA. Meski sudah gosok gigi, bau mulut terkadang tetap bisa muncul. Bagaimana cara menghilangkan bau mulut yang efektif?

Bau mulut yang tidak sedap tak hanya berpengaruh pada kepercayaan diri Anda. Kondisi itu juga bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan gigi dan mulut. Jika Anda mengalami hal tersebut, ada banyak cara menghilangkan bau mulut yang bisa Anda coba.

Mengutip dari Galvez Dental (galvezdentalstockton.com), bau mulut tak sedap yang dialami oleh orang dewasa biasanya disebabkan oleh gingivitis. Gingivitis adalah pembengkakan atau peradangan gusi karena bakteri dan plak yang menumpuk.

Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, Anda perlu menjaga kebersihan gigi dan mulut secara maksimal. Berkonsultasi dengan dokter secara rutin juga perlu dilakukan. Selain itu, beberapa bahan berikut ini berguna untuk menghilangkan bau mulut tak sedap akibat gingivitis atau faktor lain.

Cuka Apel

Cara menghilangkan bau mulut yang pertama adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Bahan alami itu mampu menyeimbangkan pH dalam mulut sehingga bau mulut bisa berkurang. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Anda bisa mengonsumsi cuka apel secara langsung atau mencampurnya dulu dengan air. Mengonsumsi bahan alami itu tak hanya mampu mengurangi bau mulut, tapi juga bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda.

Baca Juga: 7 Manfaat cuka apel, dari menghilangkan ketombe sampai plak pada gigi

Cengkih

Cengkih adalah salah satu jenis rempah yang mengandung antibakteri. Dengan mengonsumsi bahan alami itu, kebersihan mulut akan terjaga dan napas menjadi lebih segar. Anda bisa mengunyah beberapa cengkih atau minum air rebusannya.

Lemon

Galvez Dental merekomendasikan lemon untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Zat asam yang terkandung dalam lemon mampu meningkatkan produksi air liur sehingga bau mulult bisa berkurang.

Hal yang sama juga berlaku pada jeruk atau buah dengan rasa asam yang lain. Untuk bisa mendapat manfaat itu, cobalah untuk mencampur air perasan lemon ke segelas air lalu gunakan untuk berkumur.

Baca Juga: Dari penghilang bau mulut hingga bau badan, ini 7 kegunaan dari baking soda

Baking Soda

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya yang patut Anda coba adalah dengan memanfaatkan baking soda. Bahan tersebut mampu menetralkan tingkat keasaman dalam mulut sehingga bau mulut bisa berkurang.

Cobalah berkumur dengan segelas air yang dicampur dengan satu sendok baking soda dan beberapa tetes minyak peppermint. Untuk mendapat hasil yang maksimal, usahakan untuk melakukan cara tersebut dua kali dalam sehari.

Editor: Belladina Biananda

Sumber Antara News

  • Bagikan