oleh

Viral Di Medsos, Ini Penjelasan Kominfo Terkait Penampakan Planet Dekat Ka’bah

Kabarin.co.id, Jakarta – Sudah beredar luas di grup Whatsapp, rekaman video yang memperlihatkan benda raksasa menyerupai planet sedang muncul di dekat Ka’bah, Mekkah, Arab Saudi.

Benda raksasa yang muncul tersebut menyerupai planet yang berputar-putar mendekati pemukiman penduduk.

Seperti yang tampak pada video, tidak jauh dari penampakan benda raksasa tersebut, tampak sebuah lingkaran berwarna merah bercampur biru.

Warga yang menyaksikan langsung fenomena tersebut, menangis dan menjerti histeris. Tampak pula mereka sangat ketakutan.

Dari kalangan netizen, menyebut jika planet di dekat Ka’bah muncul lantaran Arab Saudi melarang ibadah umroh guna mencegah wabah virus corona.

Dilansir dari laman kominfo.go.id, video yang beredar menggunakan bahasa Arab tersebut, mempunyai judul “Sekarang penampakan sebuah planet raksasa yang terbakar di langit Mekkah, Al-Mukarramah setelah orang-orang di Arab Saudi mencegah haji dan umrah”

Dipastikan tidaklah benar dan hanya merupakan video yang di modifikasi secara digital. Sehingga video tidaklah asli dan hanya rekayasa belaka.

Terlepas dari itu, pada salah satu komentar di akun Youtube “Luk-Luk”, yang merupakan akun penyebar utama video tersebut, menyebut jika video tersebut merupakan hasil editan komputer yang dibuat pada tahun 2017 silam.

Pihak kominfo pun menghimbau bagi kalangan masyarakat, untuk tidak langsung percaya dengan adanya kabar yang beredar di media sosial.

Pastikan terlebih dahulu berita tersebut, sebelum melakukan share ulang atau sejenisnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News