oleh

Viral Hembusan Angin Bawa Corona, Ini Kata Ahli

Kabarin.co.id, Jakarta – Di tengah mewabahnya virus Corona (Covid-19), warga banten dihebohkan dengan pesan berantai di aplikasi perpesanan Whatsapp.

Dalam pesan tersebut, dijelaskan akan ada hembusan angin yang membawa wabah penyakit serta akan melintas di Indonesia menuju Australia pada tanggal 10-12 April 2020.

Memberikan tanggapan akan pesan berantai tersebut, Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tarjono. Menegaskan bahwa adanya hembusan angin dari melintasi Indonesia menuju Australia tidaklah benar.

Tarjono mengungkap jika mengacu pada prediksi angin untuk 10 April 2020, justru arah angin bertiup dari barat laut ke timur laut.

“Kalau dilihat dari prediksi pola angin besok (Jumat, 10/4/2020), bukan dari utara. Melainkan dari barat laut hingga timur laut,” terangnya ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Kamis (9/4/2020) malam.

Bahkan Tarjono pun menegaskan bahwa pesan broadcast message yang menyebut akan ada angin membawa wabah penyakit tersebut tidaklah benar.

“Iya (tidak benar), silahkan konfirmasi ke Dinas Kesehatan apakah benar virus corona bisa menyebar bersama angin,” paparnya.

Karena hal tersebut, ia pun meminta kepada masyarakat untuk tidak terburu-buru menyebarluaskan informasi yang belum tentu benar. Sebab hanya akan menimbulkan keresahan bagi masyarakat lainnya.

“Jika mendapat informasi itu agar diklarifikasi dan konfirmasi dulu ke pihak berwenang.” paparnya.

Sedangkan dari penjelasan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinker) Kota Cilegon, Arriadna, justru merasa enggan memberikan tanggapan terkait kabar tersebut.

“Aku tidak paham soal angin, tapi untuk stay at home, bagus,” singkatnya melalui pesan whatsapp.

“Tidak ada info ya terkait itu,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News