oleh

Viral! Ini Penyebab Warna Air Sumur Masjid Di Pekalongan Berubah Hijau

Kabarin.co.id, Pekalongan – Melalui Dinas Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah melakukan uji laboratorium kandungan air berwarna hijau yang muncul di Masjid Al Mubarok, Desa Galangpengampon, Kecamatan Wonopringgo.

Munculnya air berwarna hijau dari sumur masjid tersebut, sempat membuat geger warga pada 29 Februari 2020 lalu.

Menurut yang dijelaskan oleh Kepala Puskesmas Wonopringgo, Dr Chamin menyebut jika hasil laboratorium kimia fisika dari air hijau masih aman untuk dikonsumsi.

Akan tetapi, Chamin juga meminta bagi warga supaya memasaknya terlebih dahulu sebelum diminum.

“Kami belum melakukan tes hingga ke uji bakteriologi. Terutama terkait warna hijau di air yang muncul,” kata Chamim, Senin (9/3/2020).

Lebih lanjut, Chamin juga menyebut jika pada tes bakteriologi, harus dilakukan pada tempat steril. Sedangkan pihaknya masih baru bisa melakukan tes laboratorium kimia fisika saja.

Sedangkan dari keterangan Bupati Pekalongan, Asip Kholibi, meminta warga untuk tidak terlalu heboh dengan kemunculan air berwarna hijau.

Ia berharap masyarakat bisa tetap tenang serta mengetahui jika pengambilan air untuk dikonsumsi harus melalui proses masak terlebih dahulu.

“Kan hasil laboratnya netral, bisa saja hijaunya dari proses alami dari sumur yang ada di sekitar masjid,” papar Asip.

Sejak diketahui air berwarna hijau, Masjid Al Mubarok selalu dikunjungi warga yang penasaran. Rofii (60) selaku pengurus Masjid, menjelaskan jika adanya air yang muncul warna hijau berasal dari keran wudhu hanya berlangsung selama satu jam.

“Saat ini airnya sudah jernih seperti semula karena hanya berlangsung singkat. Memang sumur di sini kalau Jumat Kliwon sering diambil warga karena dipercaya berkhasiat,” jelas Rofii.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News